Karakteristik Modul

Karakteristik Modul




Karakteristik modul ajar: 1) Pembelajaran mandiri (self instructional) yang artinya modul memuat unit materi pelajaran yang spesifik sehingga memotivasi siswa untuk belajar mandiri dan tidak bergantung pada orang lain; 2) Kesatuan isi (self contained) yang berarti modul memuat unit materi pelajaran yang dikemas secara utuh sehingga mempermudah siswa untuk mempelajari materi pelajaran secara tuntas; 3) Berdiri sendiri (stand alone) yang artinya modul tidak bergantung pada media lainnya; 4) Adaptif (adaptive) yang artinya modul memiliki daya penyesuaian yang tinggi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; 5) Bersahabat dengan pengguna (user friendly) yang artinya modul memuat petunjuk dan informasi yang diberikan bersifat mempermudah belajar siswa atau pemakainya (Daryanto, 2013).
Mulyasa (2006) menyatakan bahwa karaktreristik modul ajar yaitu: 1) Modul ajar memberikan informasi dan memberikan petunjuk pelaksanaan yang jelas berkaitan dengan hal-hal yang akan dilakukan siswa; 2) Modul ajar merupakan pembelajaran individual, sehingga mengupayakan untuk melibatkan sebanyak mungkin karateristik siswa; 3) Pengalaman belajar dalam modul disediakan untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien; 4) Materi ajar disajikan secara logis dan sistematis, sehingga siswa mengetahui kapan waktu memulai dan mengakhiri menggunakan modul; 5) Modul mempunyai mekanisme untuk mengukur pencapaian tujuan belajar siswa. Karakteristik modul ajar menurut Nurma & Endang (2010): 1) Modul ajar berisikan pengetahuan yang disusun terstruktur sehingga menggiring partisipasi siswa secara aktif; 2) Modul ajar mengukur dan menilai berdasarkan penguasaan materi oleh siswa; 3) Modul memuat ajar semua unsur bahan pelajaran dan semua tugas pelajaran; 4) Modul ajar memberikan peluang bagi perbedaan antar siswa untuk berkembang sesuai karakteristik masing-masing siswa; 5) Modul ajar mengarahkan pada suatu tujuan belajar tuntas.

Karakteristik modul menunjukan bahwa secara umum modul memiliki struktur yang spesifik sesuai dengan karakteristik siswa dan tujuan pembelajarannya. Modul disesuaikan pula dengan perkembangan ilmu dan tingkat berpikir siswa sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajarnya. Materi yang disajikan dalam modul tercermin dalam Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) sesuai dengan yang tercantum dalam Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Modul ajar disusun dengan memperhatikan karakteristik siswa dan sistematika penyusunannya, agar modul sesuai dengan karakteristik siswa dan mudah digunakan oleh siswa.

Daftar Pustaka

Daryanto. (2013). Menyusun Modul Sebagai Bahan Ajar untuk Persiapan Guru Mengajar. Yogyakarta: Gava media.
Mulyasa, E. (2005). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Nurma, Y.I, & Endang, S. (2010). Pengembangan Modul. Surakarta : LPPM UNS

Post a Comment for "Karakteristik Modul"