Langkah-langkah Penyusunan Modul
Tahapan penyusunan modul dikembangkan mengacu pada model ADDIE yang
dikembangkan oleh Dick and Carry
untuk merancang sistem pembelajaran (Mulyatiningsih, 2012)
. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima langkah pokok, yaitu yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (Pribadi, 2009). Tahapan penelitian tersebut dapat dilihat pada gambar berikut :
untuk merancang sistem pembelajaran (Mulyatiningsih, 2012)
. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima langkah pokok, yaitu yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (Pribadi, 2009). Tahapan penelitian tersebut dapat dilihat pada gambar berikut :
1)
Analisis
Kegiatan utama pada tahap ini adalah menganalisis pengembangan media pembelajaran baru dan
menganalisis kelayakan dan syarat-syarat pengembangan media pembelajaran baru.
Pengembangan media pembelajaran baru diawali oleh adanya masalah dalam media
pembelajaran yang sudah diterapkan.
2)
Design
Kegiatan ini merupakan proses sistematik yang dimulai
dari menetapkan tujuan belajar, merancang skenario atau kegiatan belajar
mengajar, merancang perangkat pembelajaran, merancang materi pembelajaran dan
alat evaluasi hasil belajar. Rancangan media pembelajaran ini masih
bersifat konseptual dan akan mendasari proses pengembangan berikutnya.
3)
Development
Development dalam model ADDIE
berisi kegiatan realisasi rancangan produk. Pada tahap
pengembangan, kerangka yang masih konseptual tersebut direalisasikan menjadi
produk yang siap diimplementasikan.
4)
Implementation
Pada tahapan implementasi media yang
telah dikembangkan akan diterapkan pada situasi yang
nyata. Setelah penerapan, dilakukan evaluasi awal untuk memberi umpan balik
pada penerapan media berikutnya.
5)
Evaluation
Evaluasi dilakukan dalam dua bentuk yaitu evaluasi
formatif dan sumatif. Evaluasi formatif dilaksanakan pada akhir setiap tahap
sedangkan evaluasi sumatif dilakukan setelah kegiatan berakhir secara
keseluruhan. Revisi dibuat sesuai dengan hasil evaluasi atau kebutuhan yang
belum dapat dipenuhi oleh media tersebut.
Sudjana (2007) juga
menyatakan
bahwa langkah-langkah penyusunan modul yaitu menyusun kerangka modul dan
menulis programnya. Menyusun kerangka modul terdiri dari: 1) menetapkan dan merumuskan tujuan
instruksional umum menjadi khusus; 2) menyusun butir-butir soal evaluasi untuk
mengukur pencapaian; 3) mengidentifikasi pokok-pokok materi pelajaran yang
sesuai dengan tujuan khusus; 4) menyusun pokok-pokok materi dengan urutan yang
logis; 5) menyusun langkah-langkah kegiatan belajar siswa; 6) memeriksa
langkah-langkah belajar untuk mencapai tujuan; 7)mengidentifikasi alat-alat
yang diperlukan dalam kegiatan belajar dengan modul. Menulis program secara
rinci pada modul terdiri dari:
1) pembuatan petunjuk guru; 2) lembaran kegiatan siswa; 3) lembaran kerja
siswa; 4) lembaran jawaban; 5) lembaran tes; 6) lembaran jawaban tes.
Daftar Pustaka
Mulyatiningsih, E. (2012). Riset
Terapan Bidang Pendidikan
dan Teknik. Yogyakarta: UNY
Press.
Pribadi, B. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran.Jakarta:PT.Dian Rakyat
Link Terkait Tentang Modul :