Alpukat, Si Buah Cantik Kaya Asam Folat


Alpukat (Persea americana)

Hasil gambar untuk alpukat mentega

Alpukat atau yang memiliki nama ilmiah Persea americana berasal dari Amerika Tengah dan daerah Meksiko dan saat ini telah banyak dibudidayakan di daerah Amerika Tengah dan Amerika Selatan sebagai tanaman perkebunan monokultur dan banyak di tanam di berbagai Negara tropis di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Habitat tanaman alpukat banyak tumbuh di daerah tropis dan subtropis yang banyak curah hujannya. Tanaman alpukat merupakan tanaman buah berupa pohon kecil. Pada umumnya tanaman alpukat dapat tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi, yaitu 5-1500 m dpl. Namun tanaman ini akan tumbuh subur dengan hasil yang memuaskan pada ketinggian 200-1000 m dpl. Alpukat berkembang biak dengan cara generative. Batang alpukat bisa mencapai tinggi 20m, bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan, buahnya bertipe buni, memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan. Biasanya biji alpukat digunakan dalam industri pakaian sebagai pewarna yang tidak mudah luntur. Batang pohonnya dapat digunakan sebagai bahan bakar. Kulit pohonnya digunakan sebagai pewarna warna coklat pada produk dari bahan kulit. Sedangkan daging buahnya dapat dijadikan hidangan serta menjadi bahan dasar untuk beberapa produk kosmetik dan kecantikan
Klasifikasi Tanaman Alpukat:
Divisio             : Angiospermae
Kelas               : Dicotyledoneae
Ordo                : Ranales
Familia            : Lauraceae
Genus              : Persea
Spesies            : Persea Americana

Zat Kaya Manfaat Dalam Alpukat
Alpukat atau avokad memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Alpukat atau avokad setidaknya mengandung 11 vitamin dan 14 mineral yang bermanfaat. Alpukat kaya akan protein, riboflavin (atau dikenal sebagai vitamin B2), niasin (atau dikenal sebagai vitamin B3), potasium (atau lebih dikenal sebagai kalium), dan vitamin C.
Selain itu alpukat mengandung lemak yang cukup tinggi. Namun lemak pada alpukat mirip dengan lemak pada minyak zaitun yang sangat sehat. Lemak yang dikandung dalam alpukat adalah lemak tak jenuh yang berdampak positif dalam tubuh. Lemak pada alpukat juga digunakan dalam pembuatan sabun dan kosmetik.
Berikut ini penjelasan beberapa zat dalam alpukat atau avokad yang bermanfaat bagi tubuh kita:

·          Vitamin E dan vitamin A

Vitamin E dikenal sebagai vitamin yang berguna untuk menghaluskan kulit. Campuran vitamin E dan vitamin A sangat berguna dalam perawatan kulit. Kombinasi vitamin E dan vitamin A membuat kulit menjadi kenyal, menghilangkan kerut, membuat kulit terlihat muda dan segar.

·          Potasium atau Kalium

Potasium (dikenal juga sebagai kalium) yang ada dalam alpukat dapat mengurangi depresi, mencegah pengendapan cairan dalam tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah.

·          Lemak tak jenuh

Dalam alpukat ada lemak nabati yang tinggi yang tak jenuh. Lemak ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol darah (LDL), yang berarti dapat mencegah penyakit stroke, darah tinggi, kanker atau penyakit jantung. Lemak tak jenuh pada alpukat juga mudah dicerna tubuh sehingga dapat memberikan hasil maksimal pada tubuh. Lemak tak jenuh pada alpukat juga mengandung zat anti bakteri dan anti jamur.

·          Asam oleat

Asam oleat merupakan antioksidan yang sangat kuat yang dapat menangkap radikal bebas dalam tubuh akibat polusi. Radikal bebas dalam tubuh akan menimbulkan berbagai macam keluhan kesehatan.

·          Vitamin B6

Vitamin ini berkhasiat untuk meredakan sidrom pra-haid atau pra-menstruasi (PMS) yang umumnya diderita wanita setiap bulan.

·          Zat Besi dan Tembaga

Zat ini diperlukan dalam proses regenerasi darah sehingga mencegah penyakit anemia.

·          Mineral Mangaan dan Seng

Unsur ini bermanfaat untuk meredakan tekanan darah tinggi, memantau detak jantung dan menjaga fungsi saraf tetap terjaga.
Manfaat Tanaman Alpukat
Mengkonsumsi alpukat memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita, salah satu diantaranya adalah baik untuk menjaga keindahan rambut. Akan tetapi selain itu, mengkonsumsi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Berikut ini beberapa manfaat buah alpukat bagi kesehatan kita.
·      Pencegah  Kanker Prostat
Alpukat merupakan salah satu nutrisi yang mampu menghambat pertumbuhan kanker prostat.
·      Pertahanan Dari Kanker Mulut
Penelitian menunjukkan bahwa senyawa tertentu dalam alpukat dapat mencari tumbuhnya sel sel kanker mulut  dan menghancurkannya  tanpa merusak sel-sel sehat.
·      Pelindung Dari Ancaman  Kanker Payudara
Alpukat memiliki kandungan  asam oleat, yang telah terbukti untuk mampu mencegah kanker payudara yang dilakukan dalam  berbagai penelitian.
·      Kesehatan Mata
Alpukat memiliki lebih banyak  zat lutein karotenoid dibandingkan buah buahan  lainnya yang biasa kita konsumsi. Lutein mampu melindungi terhadap degenerasi makula dan katarak.
·      Kesehatan Jantung
Satu gelas  alpukat memiliki 23%  folat dari jumlah kebutuhan folat dalam sehari hari. Studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan yang kaya akan  folat memiliki potensi yang  lebih rendah dari serangan penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak pernah mengkonsumsinya. Vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal  dalam alpukat juga bagus untuk jantung Anda.
·      Pencegahan Stroke
Tingginya tingkat folat dalam alpukat juga mampu melindungi dari serangan penyakit  stroke. Orang yang mengkonsumsi makanan yang kaya akan  folat memiliki risiko yang  lebih rendah dari kemungkinan terserang penyakit stroke dibandingkan dengan  mereka yang tidak mengkonsumsi makanan yang kaya akan folat.
Sumber :

Post a Comment for "Alpukat, Si Buah Cantik Kaya Asam Folat"