5 Keajaiban Hebat Dari Cengkih




Hasil gambar untuk cengkeh

Cengkih (Syzygium aromaticum, syn. Eugenia aromaticum) merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang banyak ditemukan di Indonesia. Tanaman ini memiliki beragam manfaat, tidak hanya sebagai penyedap makanan, tetapi juga untuk mengobati berbagai macam penyakit. Pohon cengkih merupakan tanaman tahunan yang dapat tumbuh dengan tinggi 10-20 m, mempunyai daun berbentuk lonjong yang berbunga pada pucuk-pucuknya. Tangkai buah pada awalnya berwarna hijau, dan berwarna merah jika bunga sudah mekar. Cengkih akan dipanen jika sudah mencapai panjang 1,5-2 cm.

Syarat tumbuh :

Tanaman ini tumbuh optimal pada 300 - 600 dpal dengan suhu 22°-30°C, curah hujan yang dikehendaki 1500 4500 mm/tahun. Tanah gembur dengan dalam solum minimum 2 m, tidak berpadas dengan pH optimal 5,5 - 6,5. Tanah jenis latosol, andosol dan podsolik merah baik untuk dijadikan perkebunan cengkih.

Kandungan bahan aktif dalam bunga dan buah cengkih :

Banyak zat terkandung dalam minyak cengkeh yaitu antibiotik, anti-virus, anti-jamur dan memiliki khasiat sebagai antiseptik. Selain itu ditemukan pula sekitar 60-90 persen eugenol dalam minyak cengkeh. Kandungan lain yang terdapat di dalamnya adalah zat mangan, asam lemak omega 3, magnesium, serat, zat besi, potasium dan juga kalsium. Vitamin yang diperlukan oleh tubuh juga ada di dalamnya terutama vitamin C dan vitamin K.

Manfaat Cengkih dalam segi kesehatan:
1.      Mengatasi infeksi pernapasan
Cengkeh bekerja sebagai ekspektoran, melonggarkan lendir di tenggorokan dan kerongkongan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, campurkan 2 batang cengkeh, selembar kayu manis, dan 2 biji kapulaga, lalu dihancurkan. Setelah itu, tempatkan dalam sebuah cangkir, tambahkan air mendidih, dan biarkan selama 1-2 menit.
Untuk memperbaiki kondisi pernapasan bagi orang yang menderita pilek, hidung tersumbat, infeksi virus, asma, TBC atau bronchitis bisa menggunakan minyak cengkeh, degan cara meminum campuran dari 10-15 tetes minyak cengkeh dalam segelas air matang. Ini juga efektif untuk mengatasi gejala sakit tenggorokan.
2.      Mengatasi noda jerawat
Cengkeh dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan noda bekas jerawat berkat kandungan senyawa euganol (antiseptik alami yang menyeimbangkan kulit), serta mencegah timbulnya jerawat.
Cara penggunaannya: campurkan 1 sendok teh cengkeh tanah, 1 sendok teh madu, dan 3 tetes jus lemon segar dalam mangkuk kecil. Setelah itu, oleskan ke seluruh wajah Anda dan biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin untuk mendapatkan hasil terbaik.
3.      Mengobati sakit gigi
Zat eugenol yang terkandung dalam minyak cengkeh bisa menjadi pembunuh rasa sakit sekaligus bakteri dan jamur secara alami. Teteskan minyak cengkeh dan minyak zaitun ke bola kapas, lalu tempelkan pada gigi yang berlubang atau sakit. Teknik ini juga bisa mengurangi peradangan.
4.      Mengurangi nyeri otot dan sendi
Di dalam minyak cengkeh terdapat kalsium, minyak omega 3 dan zat besi yang semuanya dapat berkontribusi dalam menguatkan sendi dan tulang di tubuh.
5.      Merawat kondisi kulit
Minyak cengkeh bisa digunakan secara alami untuk menyembuhkan kulit, mengobati bekas gigitan serangga dan mengurangi kemungkinan infeksi.
Sumber :
http://teknis-budidaya.blogspot.com/2007/10/budidaya-cengkeh.html

Post a Comment for "5 Keajaiban Hebat Dari Cengkih"