Pengertian belajar dan Pembelajaran





1)      Pengertian Belajar

Soemarsono (2007: 1) “Proses belajar adalah proses yang dialami secara langsung dan aktif oleh siswa pada saat
mengikuti suatu kegiatan belajar mengajar yang direncanakan dan disajikan sekolah baik yang terjadi di kelas maupun di luar kelas”. Sedangkan Menurut Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain (1996: 11) “Belajar adalah proses perubahan perilaku pengalaman dan latihan”.
 Dimyati dan Mudjiono (2006: 7) berpandangan bahwa “Belajar merupakan tindakan dan perilaku siswa yang kompleks, kegiatan yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia dan dilakukan oleh setiap orang. Sebagai tindakan, maka belajar hanya dialami oleh siswa sendiri”. Dalam pengertian lain Aisyah (2007: 9-18) memandang Belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang”.

Cicih Sunarsih (2007: 3) berpendapat “Belajar menurut konsepsi modern adalah proses perubahan tingkah laku dalam arti seluas-luasnya, meliputi: pengamatan, pengenalan, pengertian, pengetahuan, keterampilan, perasaan, minat penghargaan sikap”. Menurut Gagne dalam Djauhar Siddiq, Isniatun Munawaroh, dan Sungkono (2008: 1-4)  “Belajar adalah suatu proses di mana suatu organisme berubah perilakunya sebagai akibat pengalaman”.
Dari berbagai pendapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa belajar adalah proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan secara langsung dan aktif, bahwa belajar merupakan suatu aktivitas yang kompleks berdasarkan pada pengalaman untuk mengubah tingkah laku suatu organisme yang berlangsung secara progresif.

2)      Pengertian Pembelajaran

Menurut Gagne sebagaimana dikutip St. Y Slamet (2008: 19) mengemukakan bahwa “Pembelajaran adalah suatu usaha untuk membuat siswa belajar sehingga situasi tersebut merupakan peristiwa belajar yaitu usaha untuk terjadinya tingkah laku dari siswa”. Perubahan tingkah laku itu dapat terjadi karena adanya interaksi antara siswa dan lingkungannya.
Di dalam UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003 Pasal 1 memberikan pengertian Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Sedangkan menurut Gagne dan Briggs dalam Aisyah dkk (2007: 1-3) Pembelajaran adalah upaya orang yang tujuannya membantu orang belajar.
Secara terperinci Eggen & Kauchak dalam (http://blog. persimpangan. com/ blog/ 2007/ 08/ 06/ pengertian-pembelajaran/) menjelaskan bahwa ada enam ciri pembelajaran yang efektif, yaitu: a) Siswa menjadi pengkaji yang aktif terhadap lingkungannya melalui mengobservasi, membandingkan, menemukan kesamaan-kesamaan dan perbedaan-perbedaan serta membentuk konsep generalisasi berdasarkan kesamaan-kesamaan yang ditemukan;     b) Guru menyediakan materi sebagai fokus berfikir dan berinteraksi dalam pelajaran; c) Aktivitas-aktivitas siswa sepenuhnya didasarkan pengkajian; d) Guru secara aktif  terlibat dalam pemberian arahan dan tuntunan kepada siswa dalam menganalisis inforamsi; e) Orientasi pembelajaran penguasaan isi pelajaran dan pengembangan keterampilan berpikir, serta; f) Guru menggunakan teknik mengajar yang bervariasi sesuai dengan tujuan dan gaya mengajar guru.

Berdasarkan definisi-definisi pembelajaran yang diuraikan di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran adalah proses mengatur lingkungan agar terjadi  interaksi aktif antara guru dan siswa, dengan mengoptimalkan faktor internal maupun eksternal yang datang dari lingkungan individu.

Daftar Pustaka
Cicih Sunarsih. 2007. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar di SD. Bandung:Dirjen Pningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan P4TK TK dan PLB.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta bekerjasama dengan Depdikbud.
Djauhar Siddiq dkk. 2008.Pengembangan Bahan Pembelajaran SD. Jakarta: Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional.

Eggen & Kauchak. 2007. Pengertian Pembelajaran. Diakses dari (http://blog. persimpangan. com/ blog/ 2007/ 08/ 06/ pengertian-pembelajaran/): Pada 14 Mei 2011. 

Nyimas Aisyah, dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD.  Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional

Soemarsono. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: UNS Press

St.Y Slamet. 2008. Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah DasarSurakarta: UNS Press.St.Y Slamet. 2008. Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah DasarSurakarta: UNS Press.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 1996.Strategi Belajar Mengajar.  Jakarta: Rineka Cipta.


UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003 Pasal 1. 



Post a Comment for "Pengertian belajar dan Pembelajaran"