Komponen-komponen Modul

Komponen-komponen Modul



Modul memiliki komponen-komponen yang tersedia yaitu lembar kegiatan siswa, lembar kerja, kunci lembar kerja, lembar soal, lembar jawaban, dan kunci jawaban. Sungkono (2003) mengemukakan komponen yang ada pada modul yaitu :

 1) tinjauan mata pelajaran, merupakan paparan mengenai keseluruhan pokok-pokok isi yang mencakup kompetensi dasar, bahan pendukung, dan petunjuk belajar; 
2) Pendahuluan, merupakan pembukaan belajar suatu modul; 
3) Kegiatan belajar, memuat uraian rinci tentang isi pelajaran yang disertai contoh konkrit yang berupa konsep, prinsip, fakta/ data dan masalah; 
4) Latihan, terdiri dari berbagai bentuk kegiatan belajar yang harus dilakukan siswa ; 
5) Konfirmasi jawaban
6) Rangkuman, merupakan inti dari uraian materi yang disajikan; 
7) Tes formatif, merupakan lembar evaluasi yang berupa tes soal; 
8) Kunci jawaban tes formatif (Mulyasa, 2005).

Budiono (2006) berpendapat bahwa komponen-komponen modul disusun menjadi sebuah modul dengan prinsip penyusunan: 
1) bahasa modul menarik dan merangsang siswa untuk berpikir; 
2) informasi tentang materi pelajaran disertai dengan penjelasan gambar; 
3) menggunakan multimedia yang relevan dengan tujuan; 
4) modul disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa dan memberikan kesempatan siswa untuk menyelesaikan masalah.



Daftar Pustaka

Sungkono. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta

Mulyasa, E. (2005). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Budiono, E. (2006). Penyusunan Dan Penggunaan Modul. Jurnal Pend. Fisika Indonesia. 4 : (80)