Pembelajaran kooperatif yaitu sistem pembelajaran yang memberi kesempatan kepada siswa untuk bekerjasama
dengan siswa lain dalam tugas-tugas yang terstruktur.
Anita Lie dalam Isjoni (2009: 16)
Pada dasarnya cooperative learning mengandung pengertian sebagai suatu sikap atau
perilaku bersama dalam bekerja atau membantu di antara sesama dalam struktur kerja sama yang teratur
dalam kelompok, yang terdiri dari dua orang atau lebih di mana keberhasilan
kerja sangat dipengaruhi oleh keterlibatan dari setiap anggota kelompok itu
sendiri.
Dalam
pembelajaran cooperative learning tidak
sama dengan sekedar belajar dalam kelompok. Ada unsur-unsur dasar pembelajaran cooperative learning yang membedakannya
dengan pembagian-pembagian kelompok yang dilakukan asal-asalan. Hal ini senada
dengan Roger dan David Johnson dalam Anita Lie (2002: 31) mengatakan bahwa “Tidak
semua kerja kelompok bisa dianggap cooperative
learning”. Pelaksanaan prosedur model pembelajaran kooperatif dengan benar
akan memungkinkan guru mengelola kelas lebih efektif.
Menurut Anita Lie dalam Sugiyanto (2009: 40) pembelajaran kooperatif adalah suatu sistem yang di dalamnya terdapat beberapa elemen yang saling
terkait, elemen-elemen tersebut antara lain: a) Saling ketergantungan positif; b)
Interaksi tatap muka; c) Akuntabilitas Individual; d) Keterampilan menjalin hubungan antar
pribadi.
Berdasarkan elemen-elemen dalam model pembelajaran kooperatif tersebut diharapkan para
siswa memiliki persepsi bahwa mereka harus bersama-sama, memiliki tanggung
jawab diri sendiri dalam mempelajari materi yang dihadapi, berpandangan bahwa
mereka semuanya memiliki tujuan yang sama, membagi tugas dan berbagi tanggung
jawab sama besarnya diantara anggota kelompok, berbagi kepemimpinan sementara
mereka memperoleh keterampilan bekerja sama selama belajar, serta
mempertanggungjawabkan secara individu materi yang dipelajari.
DAFTAR PUSTAKA
Anita Lie. 2002. Cooperative Learning. Jakarta:
Grasindo.
Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogjakarta: Pustaka
Pelajar.
Post a Comment for "Ciri-ciri Model Pembelajaran Kooperatif"