cumanulisaja.blogspot.com

Tuesday, 15 May 2012

Macam-macam Tipe Belajar


      Macam-macam Tipe  Belajar

          Gagne dalam Winkel (2005: 102), berpendapat bahwa belajar dapat dilihat dari segi proses dan dari segi hasil. Dari segi proses, menurut Gagne ada delapan tipe belajar, yaitu :
1)   Belajar signal
Yang menjadi unsur pokok belajar ini yaitu memberikan reaksi terhadap perangsang.
2)   Belajar mereaksi perangsang melalui penguatan
Yang menjadi pokok dalam pola belajar ini adalah penguatan. Dalam pola belajar ini, dibentuk hubungan antara suatu perangsang dan suatu reaksi berdasarkan efek yang mengikuti pemberian reaksi tertentu. Reaksi akan diberikan berulang-ulang pada saat terjadi penguatan atau reinforcement.
3)   Belajar membentuk rangkaian
Belajar membentuk rangkaian, yaitu  belajar  menghubung-hubungkan gejala/ faktor/ yang satu dengan yang lain, sehingga menjadi satu kesatuan (rangkaian) yang berarti
4)   Belajar asosiasi verbal
Belajar asosiasi verbal, yaitu memberikan reaksi dalam bentuk kata-kata, bahasa, terhadap perangsang yang di terimanya. Dalam belajar di sekolah, belajar membentuk rangkaian verbal memegang peranan penting, khususnya dalam belajar informasi verbal.
5)   Belajar membedakan hal yang majemuk
Belajar membedakan hal yang  majemuk, yaitu memberikan reaksi yang berbeda terhadap perangsang yang hampir sama sifatnya. Hasil belajar cara belajar ini ialah kemampuan untuk membeda-bedakan antara semua obyek yang terdapat dalam lingkungan fisik yang berbadan.
6)   Belajar konsep
Belajar konsep, yaitu menempatkan obyek menjadi satu klasifikasi tertentu.
7)   Belajar prinsip
Belajar kaidah atau belajar prinsip, yaitu menghubung-hubungkan beberapa konsep. Pengungkapan hubungan atau relasi tetap di antara semua konsep itu, biasanya dituangkan dalam bentuk kalimat.
8)   Belajar memecahkan masalah
Belajar memecahkan masalah, yaitu menghubungkan beberapa kaidah atau prinsip untuk memecahkan masalah/persoalan.
       Sedangkan belajar yang berkenaan dengan hasil, Gagne mengemukakan ada lima jenis, yaitu :
1)      Belajar informasi verbal
Belajar melalui informasi verbal seperti membaca, mengarang, bercerita, mendengarkan uraian guru, kesanggupan menyatakan pendapat dalam bahasa lisan/ tulisan, berkomunikasi, kesanggupan memberi arti dari setiap kata/ kalimat dan lain-lain.
2)      Belajar kemahiran intelektual
Belajar kemahiran intelektual ialah kemampuan berhubungan dengan lingkungan hidup dan dirinya sendiri dalam bentuk suatu representasi, khususnya konsep dan berbagai lambang / simbol (huruf, angka, kata, gambar).
3)      Belajar pengaturan kegiatan kognitif
Belajar pengaturan kegiatan kognitif menekankan pada kesanggupan memecahkan masalah melalui konsep dan kaidah yang telah dimilikinya.
4)      Belajar keterampilan motorik
Belajar keterampilan motorik banyak berhubungan dengan kesanggupan menggunakan gerakan anggota badan, sehingga memiliki rangkaian urutan gerakan yang teratur, luwes, tepat, cepat dan lancar. Misalnya belajar mengetik, menjahit, bermain basket, dan lain-lain.
5)      Belajar sikap
Sikap merupakan kesiapan dan kesediaan seseorang untuk menerima atau menolak suatu obyek berdasarkan penilaian terhadap obyek itu. Hasil belajar sikap nampak dalam bentuk kemauan, minat, perhatian, perubahan perasaan, dan lain-lain. Sikap dapat dipelajari dan dapat diubah melalui proses belajar.

1 comment :

  1. Thanks for sharing your thoughts on financial.
    Regards
    Here is my webpage click here to see the attached video

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...