a. Pengertian
Belajar
Hamalik
(1993: 27) berpendapat bahwa belajar merupakan suatu proses perubahan
tingkah laku berkat pelatihan dan pengalaman. Belajar merupakan suatu proses
dan bukan semata-mata hasil yang hendak dicapai. Proses itu sendiri berlangsung
melalui serangkaian pengalaman sehingga terjadi modifikasi tingkah laku
seseorang atau terjadi penguatan pada tingkah laku yang dimiliki sebelumnya.
Sedangkan
menurut Winkel (2005: 59), belajar merupakan suatu aktivitas mental / psikis, yang
berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan sejumlah
perubahan dalam pengetahuan-pemahaman, keterampilan dan nilai-sikap. Perubahan itu
meliputi hal-hal yang bersifat internal seperti pemahaman dan sikap, serta
mencakup hal-hal yang bersifat eksternal seperti keterampilan motorik dan berbicara dalam bahasa asing.
Slameto (2003: 2) berpendapat bahwa belajar ialah suatu proses usaha yang
dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru
secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan
lingkungannya.
Belajar
merupakan proses perubahan tingkah laku seseorang terhadap situasi tertentu
yang disebabkan oleh pengalaman yang berulang-ulang dalam situasi itu, dimana
perubahan tingkah laku itu tidak dapat dilepaskan berdasarkan atas tanggapan
bawaan (http://blog.caturstudio.com/2009/01/01artibelajar-penting-ditanamkan-pada-anak-usia-sekolah, diakses 1 Januari
2011)
Menurut
Sudjana (2000: 28), belajar bukan menghafal dan bukan pula mengingat. Belajar
adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang.
Perubahan sebagai hasil proses belajar dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk
seperti berubah pengetahuannya, pemahamannya, sikap dan tingkah lakunya,
keterampilannya, kecakapan dan kemampuannya, daya reaksinya, daya penerimaannya
dan lain-lain aspek yang ada pada individu. Belajar adalah proses yang diarahkan
kepada tujuan, proses berbuat melalui berbagai pengalaman.
Cronbach dalam Syaiful Bahri Djamarah (2002:13) berpendapat bahwa learning is shown by change in behaviour as
a result of experience. Belajar sebagai suatu aktivitas yang ditunjukkan
oleh perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman. Howard L.Kingsley
mengatakan bahwa learning is the process
by wich behavior (in the broader sense) is originated or changed through
practice or training. Belajar adalah proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui praktek atau
latihan. Sedangkan Geoch mengatakan bahwa learning
is change performance as a result of practice. Belajar adalah perubahan
tingkah laku sebagai hasil dari sebuah latihan.
Menurut Skinner di dalam Dimyati dan Mudjiono (2002: 9), belajar adalah
proses interaksi antara suatu perilaku. Pada saat orang belajar, maka responnya
menjadi lebih baik. Sebaliknya, bila ia tidak belajar maka responnya menurun.
Dari beberapa pendapat tentang pengertian belajar dapat disimpulkan
bahwa belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan oleh individu untuk
memperoleh suatu perubahan tingkah laku, pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan nilai-sikap yang tidak
disebabkan oleh pembawaan, kematangan, dan keadaan–keadaan sesaat seseorang,
namun terjadi sebagai hasil latihan dalam interaksi dengan lingkungan.
4 comments for "Pengertian Belajar"
Shame on the search engines for now not positioning this post higher!
Come on over and seek advice from my web site .
Thank you =)
Here is my web site : my blog log