Instrumen Validasi Ahli Bahasa pada Modul

Berikut kami sajikan contoh instrumen validasi ahli bahasa pada modul siswa


Instrumen Validasi Ahli Bahasa pada Modul Siswa


Petunjuk:

1.      Mohon kesediaan Bapak/Ibu untuk menilai draf instrumen penelitian terlampir dengan meliputi aspek-aspek yang diberikan.
2.      Mohon diberikan tanda centang (V) pada skala penilaian yang dianggap sesuai. Rentang skala penilaian adalah 1, 2, 3, dan 4 dengan kriteria bahwa semakin besar bilangan yang dirujuk, maka semakin baik/sesuai dengan aspek yang disebutkan.
3.      Mohon Bapak/Ibu memberikan saran revisi atau komentar pada tempat yang telah disediakan, atau jika dirasa perlu dapat langsung menuliskannya pada naskah yang perlu direvisi.

Keterangan skala penilaian:

1 = tidak relevan/tidak baik, 2 = kurang relevan/kurang baik, 3 = relevan/baik, 4 = sangat relevan/sangat baik


No

Aspek

Indikator
Skala Nilai
1
2
3
4
1.
Kejelasan petunjuk penggunaan modul
Petunjuk penggunaan modul disampaikan dengan jelas




2.
Ketepatan istilah

Istilah-istilah yang digunakan tepat dan sesuai dengan bidang sains




3.
Kemudahan memahami alur materi melalui penggunaan bahasa
Penggunaan bahasa mendukung kemudahan alur materi




4.
Kesantunan penggunaan bahasa
Penggunaan bahasa yang tetap santun dan tidak mengurangi nilai-nilai pendidikan




5.
Ketepatan dialog/teks wacana  dengan materi
Teks dialog yang digunakan dalam modul dapat menyampaikan materi dengan tepat




6.
Kesesuaian bahasa dengan tingkat berpikir siswa
Bahasa yang digunakan sesuai dengan tingkat berpikir siswa SMA kelas X dalam memahami konsep Biologi




7.
Kemampuan mendorong rasa ingin tahu
Bahasa yang digunakan mendorong rasa ingin tahu siswa untuk menyelesaikan mempelajari materi




8.
Penggunaan EYD
Bahsa Indonesia yang digunakan sesuai EYD






Saran  Perbaikan :




Istrumen tersebut di atas dapat digunakan untuk siswa maupun guru







Post a Comment for "Instrumen Validasi Ahli Bahasa pada Modul "