Berikut kami sajikan contoh instrumen validasi ahli bahasa pada modul siswa
Instrumen Validasi Ahli Bahasa pada Modul Siswa
Petunjuk:
1.
Mohon kesediaan Bapak/Ibu untuk menilai draf
instrumen penelitian terlampir dengan meliputi aspek-aspek yang diberikan.
2.
Mohon diberikan tanda centang (V) pada skala
penilaian yang dianggap sesuai. Rentang skala penilaian adalah 1, 2, 3, dan 4
dengan kriteria bahwa semakin besar bilangan yang dirujuk, maka semakin
baik/sesuai dengan aspek yang disebutkan.
3. Mohon Bapak/Ibu
memberikan saran revisi atau komentar pada tempat yang telah disediakan, atau
jika dirasa perlu dapat langsung menuliskannya pada naskah yang perlu direvisi.
Keterangan skala penilaian:
1 = tidak relevan/tidak baik, 2 = kurang relevan/kurang baik, 3 =
relevan/baik, 4 = sangat relevan/sangat baik
No
|
Aspek
|
Indikator
|
Skala Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
Kejelasan petunjuk penggunaan modul
|
Petunjuk penggunaan modul disampaikan dengan jelas
|
||||
2.
|
Ketepatan istilah
|
Istilah-istilah yang digunakan tepat dan sesuai dengan
bidang sains
|
||||
3.
|
Kemudahan memahami alur materi melalui penggunaan bahasa
|
Penggunaan bahasa mendukung kemudahan alur materi
|
||||
4.
|
Kesantunan penggunaan bahasa
|
Penggunaan bahasa yang tetap santun dan tidak mengurangi
nilai-nilai pendidikan
|
||||
5.
|
Ketepatan dialog/teks wacana dengan materi
|
Teks dialog yang digunakan dalam modul dapat menyampaikan
materi dengan tepat
|
||||
6.
|
Kesesuaian bahasa dengan tingkat berpikir siswa
|
Bahasa yang digunakan sesuai dengan tingkat berpikir siswa SMA
kelas X dalam memahami konsep Biologi
|
||||
7.
|
Kemampuan mendorong rasa ingin tahu
|
|||||
8.
|
Penggunaan EYD
|
Bahsa Indonesia yang digunakan sesuai EYD
|
Saran Perbaikan :
Istrumen tersebut di atas dapat digunakan untuk siswa maupun guru
Post a Comment for "Instrumen Validasi Ahli Bahasa pada Modul "