a. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar
Menurut
Slameto (2010:54) faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar ada dua
macam yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
1) Faktor Intern adalah faktor yang ada dalam
individu yang sedang belajar seperti:
a) Faktor Jasmaniah, meliputi :
(1) Faktor kesehatan
Proses belajar seseorang akan
terganggu jika kesehatan orangterganggu, selain itu juga akan cepat lelah,
kurang bersemangat, mudah pusing, mengantuk, kurang darah atau gangguan
fungsi alat indera.
(2) Cacat tubuh
Cacat tubuh ini dapat berupa
buta, tuli, patah kaki dan patah tangan.
b)
Faktor Psikologis, meliputi :
(1)
Intelegensi
Siswa yang mempunyai tingkat intelegensi yang tinggi
akan lebih berhasil daripada yang mempunyai tingkat intelegensi yang
rendah. Siswayang mempunyai intelegensi tinggi dapat berhasil dengan baik
dalambelajarnya dikarenakan belajar dengan menerapkan metode belajar
yangefisien. Sedangkan yang mempunyai intelegensi rendah perlu
mendapatkan pendidikan khusus.
(2)
Perhatian
Perhatian menurut Ghazali yang dikutip oleh Slameto (2010:56)adalah
keaktifan jiwa yang dipertinggi, jiwa itu pun semata-mata tertujukepada suatu
obyek benda/hal atau sekumpulan obyek. Untuk dapat menjaminhasil belajar yang
baik maka siswa harus mempunyai perhatian terhadap bahan yang dipelajarinya.
(3)
Minat
Minat adalah kecenderungan yang tetap untuk
memperhatikan danmengenang beberapa kegiatan. Minat besar pengaruhnya terhadap
belajar.Bahan pelajaran yang menarik minat siswa, lebih mudah dipelajari
dandisimpan karena minat menambah kegiatan belajar.
(4)
Bakat
Bakat adalah kemampuan untuk
belajar. Kemampuan itu baru akanterealisasi menjadi kecakapan yang nyata
sesudah belajar atau berlatih.
(5)
Motivasi
Seseorang akan berhasil dalam belajarnya bila mempunyai
penggerak atau pendorong untuk mencapai tujuan. Penggerak atau pendorong
inilah yangdisebut dengan motivasi.
(6)
Kematangan
Kematangan adalah suatu tingkat atau fase dalam
pertumbuhanseseorang, di mana alat-alat tubuhnya sudah siap untuk
melaksanakankecakapan baru. Belajar akan berhasil bila anak sudah siap
(matang).
(7)
Kesiapan
Kesiapan adalah kesediaan untuk memberikan respon atau
bereaksi.Kesiapan ini perlu diperhatikan dalam proses belajar mengajar karena
jikasiswa sudah memiliki kesiapan dalam belajar maka hasil belajarnya akan
lebih baik.
c)
Faktor Kelelahan
Kelelahan dibedakan menjadi dua macam yaitu kelelahan
jasmani dankelelahan rohani. Kelelahan jasmani terlihat dengan lemah lunglai,
sedangkankelelahan rohani terlihat dengan kelesuan dan kebosanan.
2)
Faktor Ekstern
a) Keadaan keluarga
Keluarga merupakan lingkungan
utama dalam proses belajar. Keadaan yangada dalam keluarga mempunyai pengaruh
yang besar dalam pencapaian prestasi belajar misalnya cara orang tua
mendidik, relasi anggota keluarga, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga,
pengertian orang tua.
b)
Keadaan sekolah
Lingkungan sekolah adalah lingkungan di mana siswa
belajar secara sistematis.
Kondisi ini meliputi metode mengajar, kurikulum, relasi guru dengan siswa, relasi
siswa dengan siswa, disiplin sekolah, alat pelajaran, metode belajar
danfasilitas yang mendukung lainnya.
c)
Keadaan
masyarakat
Siswa akan mudah kena pengaruh lingkungan masyarakat
karenakeberadaannya dalam lingkungan tersebut. Kegiatan dalam masyarakat,massmedia,teman
bergaul, lingkungan tetangga merupakan hal-hal yang dapat mempengaruhisiswa
sehingga perlu diusahakan lingkungan yang positif untuk mendukung
belajar siswa.
Dari berbagai faktor-faktor
internal dan eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa maka
peneliti mengkaji motivasi belajar dan metode pembelajaran.
Rujukan :
Slameto, 2010, Belajar dan
Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Post a Comment for "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar"