1) Siswa belajar bagaimana belajar melalui
proses penemuan.
2) Pengetahuan yang diperoleh melalui penemuan
sangat kokoh.
3) Metode penemuan membangkitkan gairah siswa
dalam belajar.
4) Metode penemuan memungkinkan siswa bergerak
untuk maju sesuai dengan kemampuannya
sendiri.
5) Metode ini menyebabkan siswa mengarahkan
sendiri cara belajarnya, sehingga ia merasa lebih
terlibat dan termotivasi sendiri untuk belajar.
6) Metode ini berpusat pada anak, guru sebagai
teman belajar atau fasilitator (Soli Abimanyu, 2009: 7-10).
Kelemahan pembelajaran inkuiri menurut Soli Abimanyu adalah sebagai berikut:
1) Metode ini mempersyaratkan kesiapan mental,
dalam arti siswa yang pandai akan memonopoli penemuan dan siswa yang bodoh akan
frustasi.
2) Metode ini kurang berhasil untuk kelas
besar karena waktu guru akan habis untuk membantu siswa dalam kegiatan
penemuannya.
3) Dalam pelajaran tertentu, fasilitas yang
dibutuhkan untuk mencoba ide-ide mungkin terbatas.
4) Metode ini terlalu mementingkan untuk memperoleh
pengertian, sebaliknya kurang memperhatikan diperolehnya sikap dan
keterampilan.
5) Metode ini kurang memberi kesempatan untuk
berpikir kreatif apabila pengertian-pengertian yang akan ditemukan telah
diseleksi oleh guru, begitu pula proses-proses dibawah pembinaannya (Soli Abimanyu, 2009:
7-11).
Soli Abimanyu. 2009. Model-model pembelajaran. IKIP Malang.
Post a Comment for "Kelebihan dan Kelemahan Metode Inkuiri"