1.
Hakikat Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Bahasa
Indonesia mempunyai kedudukan sebagai bahasa nasional dan bahasa negara.
Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara ia berfungsi sebagai bahasa
pengantar di lembaga-lembaga pendidikan, sebagai pengembang kebudayaan, sebagai
pengembang ilmu pengetahuan dan teknologi, serta sebagai alat perhubungan dalam
kepentingan pemerintahan dan kenegaraan. (St. Y. Slamet 2008:5).
Berhubungan
dengan hal itu maka perlu adanya suatu pembelajaran Bahasa Indonesia. Secara
keseluruhan mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD berfungsi untuk mengembangkan
kemampuan bernalar, berkomunikasi, dan mengungkapkan pikiran dan perasaan,
serta persatuan dan kesatuan bangsa.
Pengajaran
bahasa Indonesia bertujuan untuk mengembangkan kemampuan menggunakan bahasa
Indonesia dalam segala fungsinya, yaitu sebagai sarana komunikasi, sarana,
berpikir/bernalar, sarana persatuan, dan sarana kebudayaan. (Sabarti Akhadiah
M.K., Maidar G. Arsjad, Sakura H. Ridwan, Zulfahnur Z.F., Mukti U.S. ,1991:10)
Kemudian
pembelajaran Bahasa Indonesia juga mempunyai sasaran, “Sasaran pembinaan bahasa
Indonesia bagi siswa SD ialah (1) agar siswa memiliki kemampuan berbahasa
Indonesia yang baik dan benar, (2) dapat menghayati bahasa dan sastra
Indonesia”. (Sabarti Akhadiah M.K., et al, 1991:11).
Post a Comment for " Hakikat Pembelajaran Bahasa Indonesia"