Pengertian Metode Inkuiri





a.      Pengertian Metode Inkuiri
Pembelajaran dengan penemuan (inquiry) merupakan satu komponen penting dalam pendekatan konstruktifistik yang telah memiliki sejarah panjang dalam inovasi atau pembaruan pendidikan. Dalam pembelajaran dengan penemuan atau inkuiri, siswa didorong untuk belajar sebagian besar melalui keterlibatan aktif mereka sendiri dengan konsep-konsep dan prinsip-prinsip, dan guru mendorong siswa untuk memiliki pengalaman dan melakukan percobaan yang memungkinkan mereka menemukan prinsip-prinsip untuk diri mereka sendiri.
Piaget memberikan definisi pendekatan  Inquiry sebagai pendidikan yang mempersiapkan situasi bagi siswa untuk melakukan eksperimen sendiri. Mengajukan pertayaan-pertayaan dan mencari sendiri jawaban atas pertayaan yang mereka ajukan (Piaget dalam Sofan dan Iif, 2010: 103).
Metode inkuiri yang didefinisikan sebagai suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, dan analisis sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuan dengan penuh percaya diri (M. Gellu dalam Sofan dan Lif, 2010: 103).
Inquiry is the process of investigating a problem (Carin and Sund dalam Ahmadi, 1975: 108).
Metode inkuiri adalah cara penyajian pelajaran yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan informasi dengan atau tanpa bantuan guru (Mulyani Sumantri, 1999: 164).
The overal goal of inquiry teaching has been, and continues to be, that helping student learn how to ask question, seek answers or solution to satisfy their curiosity, and building their own theories and ideas about the world (Arends, 1994 dalam http: //www. ask.com/ web?o= 13813&l= dis&gct=dns& gc=1&q=xpresi riau.com&q src= 2870, diunduh pada tanggal 2 Agustus 2011).
Yang artinya Pada prinsipnya tujuan pengajaran inkuiri membantu siswa bagaimana merumuskan pertanyaan, mencari jawaban atau pemecahan untuk memuaskan keingintahuannya dan untuk membantu teori dan gagasannya tentang dunia. Lebih jauh lagi dikatakan bahwa pembelajaran inkuiri bertujuan untuk mengembangkan tingkat berpikir dan juga keterampilan berpikir kritis
Gellu menyatakan, bahwa kemampuan yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran inkuiri adalah sebagai berikut:
A.    Mengajukan pertanyaan atau permasalahan
Kegiatan inkuiri dimulai ketika pertanyaan atau permasalahan diajukan
B.     Merumuskan Hipotesi
Hipotesis adalah jawaban sementara atas pertanyaan untuk solusi permasalahan yang dapat diuji dengan data.
C.     Mengumpulkan Data
Hipotesis digunakan untuk menuntun proses pengumpulan data
D.    Analisis Data
Siswa bertanggung jawab menguji hipotesis yang telah diperoleh
E.     Membuat kesimpulan  
Langkah terahir dari pembelajaran inkuiri adalah membuat kesimpulan sementara berdasarkan data yang diperoleh siswa (Gellu dalam Trianto, 2007: 138).

Dari beberapa pendapat di atas maka dapat penulis simpulkan metode inkuiri adalah suatu pendekatan yang digunakan guru dalam mencapai tujuan dengan siswa yaitu dengan cara siswa mancari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, dan analisis sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri.


Sofan dan Lif. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.

2 comments for "Pengertian Metode Inkuiri"

MuFe El-Bageloka June 5, 2013 at 1:41 PM Delete Comment
terima kasih dan ini menjadi bahan skripsi saya, silahkan kunjungi blogku
Pak_Wah January 8, 2016 at 4:26 PM Delete Comment
sami2 mz,