hasil belajar menurut Bloom


Bloom dalam Winkel  (2005: 273) menggolongkan tiga tipe hasil belajar yang berkaitan dan saling melengkapi. Ketiga kategori ini disebut ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Bloom menggolongkan enam tingkatan dalam ranah kognitif dari pengetahuan sederhana sebagai tingkatan yang paling rendah ke penilaian yang paling kompleks dan abstrak sebagai tingkatan yang paling tinggi. Keenam tingkatan tersebut meliputi
 (1) pengetahuan,
 (2) pemahaman,
 (3) penerapan,
 (4) analisis, 
 (5) sintesis dan 
 (6) penilaian. 

Bidang afektif dimulai dari tingkat yang dasar/sederhana, sampai tingkatan yang kompleks. Tingkatan-tingkatan tersebut yaitu,
  (1) penerimaan,
  (2) partisipasi, 
  (3) penilaian, 
  (4) organisasi, dan 
  (5) pembentukan pola hidup. 

Tingkatan dalam ranah psikomotor dimulai dengan refleks yang sederhana pada tingkatan 
 (1) persepri, 
 (2) kesiapan, 
 (3) gerakan terbimbing, 
 (4) gerakan yang terbiasa,
 (5) gerakan kompleks,
 (6) penyesuaian pola gerak dan
 (7) kreativitas.

3 comments for "hasil belajar menurut Bloom"

Anonymous August 24, 2012 at 5:05 AM Delete Comment
What i don't realize is actually how you are not actually a lot more well-liked than you may be right now. You are very intelligent. You recognize thus considerably in terms of this topic, made me personally imagine it from a lot of varied angles. Its like women and men are not fascinated unless it's something to do with Woman gaga!
Your own stuffs excellent. Always deal with it up!
Also see my website :: cool articles about science
Obat Keputihan September 8, 2012 at 7:47 AM Delete Comment
terima kasih banyak untuk berbagi informasi ... Semoga Tuhan memberikan yang terbaik buat Kita Semua
Pak_Wah September 16, 2012 at 7:07 PM Delete Comment
aminn, selalu berbagi ..