CONTOH SILABUS KEWIRAUSAHAAN SMK KELAS XII
Nama Sekolah : SMK Bintang Nusantara
Kelas : XIIMata Pelajaran : PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAANDurasi (Waktu) : 30 x 45 menit
Kompetensi Inti :
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif
sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat
dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan
internasional”.
·
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
(JP)
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Sumber Belajar
|
3.1 Membuat pertanyaan dari yang
belum dipahami dalam proposal usaha yang berdasarkan pada kebutuhan dan
keinginan lingkungan sekitar/pasar local meliputi ide dan peluang usaha,
sumber daya, administrasi, dan pemasaran
4.1 Menyusun perencanaan usaha
kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan
sekitar/pasar lokal meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi,
dan pemasaran
3.2 Menganalisis sistem produksi kerajinan
yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
4.2 Memproduksi kerajinan yang
berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
3.3 Memahami perhitungan harga jual produk
usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan
sekitar/pasar lokal
4.3 Mengevaluasi hasil
perhitungan harga jual produk usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan
dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
3.4 Memahami media promosi untuk produk hasil usaha
kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar
lokal
4.4 Membuat media promosi untuk
produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan
lingkungan sekitar/pasar lokal
3.5 Menganalisis sistem konsinyasi untuk kerajinan
yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
4.5 Memasarkan kerajinan yang
berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
dengan sistem konsinyasi
|
l
Memahami dan menyusun perencanaan usaha kerajinan yang berdasarkan pada
kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal meliputi ide dan
peluang usaha, sumber daya. Administrasi dan pemasaran
l
Menganalisis dan memproduksi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan
dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal berdasarkan daya dukung yang
dimiliki daerah setempat
l Memahami perhitungan titik
impas (Break Even Point) dan mengembangkan usaha kerajinan yang berdasarkan
pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
l Menganalisis dan merancang
media promosi untuk produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada
kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
l Menganalisis dan memasarkan
kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan
sekitar/pasar lokal menggunakan sistem konsinyasi
|
Kerajinan berdasarkan kebutuhan
pasar lokal
|
10 x 45
|
Mengamati
l Melakukan
pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari berbagai sumber tentang
kerajinan yang ada di lingkungan sekitar
l Melakukan
observasi ke temapt pembuatan kerajinan tangan yang menggunakan bahan-bahan
dari lingkungan sekitar
l Mengamati
karakteristik wirausahawan kerajinan dari berbagai sumber
Menanya
l Melakukan
diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan kerajinan berdasarkan
kebutuhan pasar lokal
l Menggali
informasi yang berkaitan dengan desain dan produk kerajinan yang berkembang
di wilayah setempat
l Menggali
informasi yang berkaitan dengan kegiatan promosi produk kerajinan
Mengumpulkan Informasi
l Mengolah
informasi yang didapat dari kajian literatur dan observasi ke temapt pem
buatan kerajinan
l Mengolah
informasi yang didapat dari kajian literatur dan observasi tentang
keberhasilan dan kegagalan wirausaha kerajinan berdasarkan kebutuhan pasar
lokal
Menalar/Mengasosiasi
l Menyimpulkan dan
membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang karya kerajinan
l Membuat rancangan
karya kerajinan berdasarkan kebutuhan pasar lokal dan pengemasannya
l Mem uat laporan
portofolio tentang desain kerajinan berdasrkan kebutuhan pasar lokal dalam
bentuk tulisan, foto, atau gambar
Mengomunikasikan
l Mengevaluasi
desain karya yang telah dibuat
l Mempresentasikan
hasil kerajinan literatur dan observasi ke tempat pembuatan kerajinan
berdasarkan kebutuhan pasar lokal
l Mempresentasikan
rancangan desain berdasarkan konsep dan prosedur berkarya
l Mempresentasikan
kelebihan dan kekurangan sistem konsinyasi dalam penjialan produk kerajinan
|
u
Sikap : observasi
u
Pengetahuan : penugasan
u
Keterampilan : portofolio & proyek
|
u Buku
Prakarya dan Kewirausahaan kelas XII
u Buku
referensi lain
|
3.1 Memahami proses perencanaan usaha jasa profesi dan
profesionalisme meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi,
dan pemasaran
4.1 Menyusun perencanaan usaha
jasa profesi dan profesionalisme meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya,
administrasi, dan pemasaran
3.2
Menganalisis
sistem produksi usaha jasa profesi dan profesionalisme berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh
daerah setempat
4.2 Memproduksi
usaha jasa profesi dan profesionalisme berdasarkan daya dukung yang dimiliki
oleh daerah setempat
3.3 Mengevaluasi kegiatan usaha jasa
profesi dan profesionalisme
4.3 Menuyusun
rencana pengembangan usaha jasa profesi dan profesionalisme
3.4
Menganalisis
media promosi usaha jasa profesi dan profesionalisme
4.4 Merancang
media promosi untuk usaha jasa profesi dan profesionalisme
3.5
Menganalisis
sistem konsinyasi produk usaha jasa profesi dan profesionalisme
4.5 Memasarkan produk usaha jasa profesi dan
profesionalisme dengan sistem konsinyasi
|
l Memahami dan menyusun proses
perencanaan usaha jasa profesi dan profesionalisme meliputi ide dan peluang
usaha, sumber daya, administrasi dan
pemasaran
l Menganalisis sistem produksi
usaha jasa profesi dan profesionalisme daya dukung yang dimiliki daerah
setempat
l Mengevaluasi dan menyusun
rencana pengembangan kegiatan usaha jasa profesi dan profesionalisme
l Menganalisis dan merancang
media promosi usaha jasa profesi dan profesionalisme
l Menganalisis dan merancang
sistem konsinyasi produk usaha jasa profesi dan profesionalisme
|
Usaha jasa profesi dan
profesionalisme
|
10 x 45
|
Mengamati
l Melakukan
pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari berbagai sumber tentang usaha jasa profesi dan profesionalisme
l Melakukan
observasi ke temapt usaha jasa profesi dan
profesionalisme yang ada lingkungan sekitar
l Mengamati
karakteristik wirausahawan di bidang usaha jasa
profesi dan profesionalisme
Menanya
l Melakukan
diskusi tentang perbedaan profesi dan profesionalisme
l Menggali
informasi yang berkaitan dengan perencanaan usaha
jasa profesi dan profesionalisme
l Menggali
informasi yang berkaitan dengan kegiatan promosi usaha jasa profesi dan profesionalisme
Mengumpulkan Informasi
l Mengolah
informasi yang didapat dari kajian literatur dan observasi ke tempat usaha jasa profesi dan
profesionalisme
l Mengolah
informasi yang didapat dari kajian literatur dan observasi tentang
keberhasilan dan kegagalan wirausaha di bidang usaha jasa
Menalar/Mengasosiasi
l Menyimpulkan dan
membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang usaha jasa profesi dan profesionalisme
l
Menganalisis peluang usaha
jasa profesi dan profesionalisme
l
Menyusun rencana pengembangan kegiatan usaha jasa profesi dan profesionalisme
Mengomunikasikan
l Mengevaluasi
rencana pengembangan kegiatan usaha jasa profesi dan
profesionalisme
l Mempresentasikan
hasil kerajinan literatur dan observasi ke tempat usaha jasa profesi dan
profesionalisme
l
Mempresentasikan rancangan pengembangan
kegiatan usaha jasa profesi dan
profesionalisme
l
Mempresentasikan media promosi usaha jasa profesi dan profesionalisme
|
u
Sikap : observasi
u
Pengetahuan : penugasan
u
Keterampilan : portofolio & proyek
|
u Buku
Prakarya dan Kewirausahaan kelas XII
u Buku
referensi lain
|
3.1 Memahami perencanaan usaha
budidaya unggas petelur meliputi ide
dan peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran
4.1 Membuat perencanaan
usaha budidaya unggas petelur meliputi
ide, peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran
3.2 Menganalisis sistem produksi kerajinan yang berdasarkan pada
kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal berdasarkan daya
dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
4.2. Memproduksi kerajinan
berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
3.3 Memahami perhitungan titik impas
(Break Even Point) usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar
4.3.
Menyusun rencana pengembangan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan
dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
3.4
Menganalisis media promosi untuk produk hasil usaha kerajinan yang
berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
4.4. Merancang media promosi untuk produk hasil
usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan
sekitar/pasar lokal
3.5 Memasarkan kerajinan yang
berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
dengan sistem konsinyasi
4.5 Memasarkan kerajinan
yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
dengan sistem konsinyasi
|
l Memahami dan menyusun proses
perencanaan usaha budi daya unggas petelur meliputi ide dan peluang usaha,
sumber daya, administrasi dan
pemasaran
l Menganalisis sistem budi
daya unggas petelur berdasarkan daya dukung yang dimiliki daerah setempat
l Mengevaluasi dan menyusun
rencana pengembangan kegiatan usaha budi daya unggas petelur
l Menganalisis dan merancang
media promosi produk usaha budi daya
unggas petelur
l Menganalisis dan memasarkan
produk usaha budi daya unggas petelur dengan sistem konsinyasi
|
Budi daya ternak unggas
petelur
|
8 x 45
|
Mengamati
l Melakukan
pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari berbagai sumber tentang budi daya unggas petelur
l Melakukan
observasi ke temapt budi daya unggas petelur yang ada lingkungan sekitar
l Mengamati
karakteristik wirausahawan di bidang budi daya unggas petelur dari berbagai sumber
Menanya
l Melakukan
diskusi tentang sarana dan peralatan budi daya unggas petelur
l Menggali
informasi yang berkaitan denganteknik budi daya unggas petelur Menggali
informasi yang berkaitan dengan kegiatan promosi budi daya unggas
petelur
Mengumpulkan Informasi
l Mengolah
informasi yang didapat dari kajian literatur dan observasi ke tempat budi daya unggas petelur
l Mengolah
informasi yang didapat dari kajian literatur dan observasi tentang
keberhasilan dan kegagalan wirausaha di bidang budi daya unggas petelur
Menalar/Mengasosiasi
l Menyimpulkan dan
membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang budi daya unggas petelur
l
Menganalisis peluang usaha
dan sistem produksi budi daya unggas petelur
l
Menyusun rencana pengembangan kegiatan budi daya unggas petelur
Mengomunikasikan
l Mengevaluasi rencana
pengembangan kegiatan budi daya unggas petelur
l
Mempresentasikan hasil kerajinan literatur dan
observasi ke tempat budi daya unggas petelur
l
Mempresentasikan rancangan pengembangan
kegiatan budi daya unggas petelur
l
Mempresentasikan media promosi budi daya unggas petelur
melalui sistem konsinyasi
|
u
Sikap : observasi
u
Pengetahuan : penugasan
u
Keterampilan : portofolio & proyek
|
u Buku
Prakarya dan Kewirausahaan kelas XII
u Buku
referensi lain
|
3.1 Memahami perencanaan usaha pengolahan makanan khas daerah yang di
modifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya,
administrasi dan pemasaran
4.1 Menyususn perencanaan
usaha pengolahan makanan khas daerah yang di modifikasi dari bahan pangan
nabati dan hewani meliputi ide,
peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran
3.2. Menganalisis sistem pengolahan makanan khas
daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani berdasarkan daya
dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
4.2. Mengolah makanan khas daerah yang
dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani berdasarkan daya dukung yang
dimiliki oleh daerah setempat
3.3. Mengevaluasi
kegiatan usaha pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan
pangan nabati dan hewani
4.3. Menyusun rencana pengembangan usaha pengolahan makanan khas daerah yang
dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani
3.4. Menganalisis media promosi produk usaha
pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan
hewani
4.4. Merancang media promosi produk usaha pengolahan makanan khas daerah
yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani
3.5. Menganalisis
sistem konsinyasi produk usaha pengolahan makanan khas daerah yang
dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani
4.5. Memasarkan produk usaha pengolahan
makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan
hewani dengan sistem konsinyasi
|
l Memahami dan menyusun proses
perencanaan usaha pengolahan makanan khas daerah meliputi ide dan peluang usaha, sumber
daya, administrasi dan pemasaran
l Menganalisis dan mengolah
makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan
hewani berdasarkan daya dukung yang
dimiliki daerah setempat
l Mengevaluasi dan menyusun
rencana pengembangan kegiatan usaha pengolahan makanan khas daerah yang
dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani
l Menganalisis dan merancang
media promosi produk usaha pengolahan makanan khas daerah yang
dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani
l Menganalisis dan memasarkan
produk usaha pengolahan makanan khas
daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani dengan sistem
konsinyasi
|
Pengolahan modifikasi pangan
khas daerah
|
8 x 45
|
Mengamati
l Melakukan
pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari berbagai sumber tentang pengolahan modifikasi pangan khas daerah
l Melakukan
observasi ke temapt usaha pengolahan modifikasi pangan
khas daerah
l Mengamati
karakteristik wirausahawan di bidang pengolahan modifikasi pangan khas daerah
Menanya
l Melakukan
diskusi tentang langkah-langk,ah untuk memodifikasi pangan khas daerah
l Menggali
informasi yang berkaitan dengan pengemasan dan pemasaran hasil pengolahan modifikasi pangan
khas daerah
l Menggali
informasi yang berkaitan dengan kegiatan promosi produk hasil pengolahan
modifikasi pangan khas daerah
Mengumpulkan Informasi
l Mengolah
informasi yang didapat dari kajian literatur dan observasi ke tempat usaha pengolahan modifikasi
pangan khas daerah
l Mengolah
informasi yang didapat dari kajian literatur dan observasi tentang
keberhasilan dan kegagalan wirausaha di bidang pengolahan modifikasi pangan khas daerah
Menalar/Mengasosiasi
l Menyimpulkan dan
membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengolahan modifikasi pangan
khas daerah
l
Menganalisis peluang usaha
dan sistem produksi pengolahan modifikasi pangan khas daerah Menyusun rencana pengembangan kegiatan pengolahan
modifikasi pangan khas daerah
Mengomunikasikan
l
Mengevaluasi rencana pengembangan kegiatan pengolahan modifikasi pangan
khas daerah
l
Mempresentasikan hasil kerajinan literatur dan
observasi ke tempat usaha pengolahan modifikasi pangan khas daerah
l
Mempresentasikan rancangan pengembangan kegiatan pengolahan modifikasi pangan
khas daerah
l
Mempresentasikan media promosi pengolahan modifikasi pangan
khas daerah melalui sistem konsinyasi
|
u
Sikap : observasi
u
Pengetahuan : penugasan
u
Keterampilan : portofolio & proyek
|
u Buku
Prakarya dan Kewirausahaan kelas XII
u Buku
referensi lain
|
Post a Comment for "CONTOH SILABUS KEWIRAUSAHAAN SMK KELAS XII"