Dalam melaksanakan kegiatan remedial
sebaiknya mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
1). Analisis Hasil Diagnosis
Seperti yang telah Anda ketahui,
diagnosis kesulitan belajar adalah suatu proses pemeriksaan terhadap siswa yang
diduga mengalami kesulitan dalam belajar.
Melalui kegiatan diagnosis guru akan mengetahui para siswa yang perlu mendapatkan bantuan. Untuk keperluan kegiatan remedial, tentu yang menjadi fokus perhatian adalah siswa-siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar yang ditunjukkan tidak tercapainya kriteria keberhasilan belajar. Apabila kriteria keberhasilan 80 %, maka siswa yang dianggap berhasil jika mencapai tingkat penguasaan 80 % ke atas, sedangkan siswa yang mencapai tingkat penguasaannya di bawah 80 % dikategorikan belum berhasil.Mereka inilah yang perlu mendapatkan remedial. Setelah guru mengetahui siswa-siswa mana yang harus mendapatkan remedial, informasi selanjutnya yang harus diketahui guru adalah topik atau materi apa yang belum dikuasai oleh siswa tersebut. Dalam hal ini guru harus melihat kesulitan belajar siswa secara individual.Hal ini dikarenakan ada kemungkinan masalah yang dihadapi siswa satu dengan siswa yang lainnnya tidak sama.Padahal setiap hari siswa harus mendapatkan perhatian dari guru.
Melalui kegiatan diagnosis guru akan mengetahui para siswa yang perlu mendapatkan bantuan. Untuk keperluan kegiatan remedial, tentu yang menjadi fokus perhatian adalah siswa-siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar yang ditunjukkan tidak tercapainya kriteria keberhasilan belajar. Apabila kriteria keberhasilan 80 %, maka siswa yang dianggap berhasil jika mencapai tingkat penguasaan 80 % ke atas, sedangkan siswa yang mencapai tingkat penguasaannya di bawah 80 % dikategorikan belum berhasil.Mereka inilah yang perlu mendapatkan remedial. Setelah guru mengetahui siswa-siswa mana yang harus mendapatkan remedial, informasi selanjutnya yang harus diketahui guru adalah topik atau materi apa yang belum dikuasai oleh siswa tersebut. Dalam hal ini guru harus melihat kesulitan belajar siswa secara individual.Hal ini dikarenakan ada kemungkinan masalah yang dihadapi siswa satu dengan siswa yang lainnnya tidak sama.Padahal setiap hari siswa harus mendapatkan perhatian dari guru.
2). Menemukan Penyebab Kesulitan
Sebelum anda merancang kegiatan remedial, terlebih dahulu harus mengetahui
mengapa siswa mengalami kesulitan dalam menguasai materi pelajaran.Faktor
penyebab kesulitan ini harus diidentifikasi terlebih dahulu, karena gejala yang
sama yang ditunjukkan oleh siswa dapat ditimbulkan sebab yang berbeda dan
faktor penyebab ini akan berpengaruh terhadap pemilihan jenis kegiatan
remedial.
3).
Menyusun Rencana Kegiatan Remedial Keterampilan Membaca Pemahaman
Setelah
diketahui siswa-siswa yang perlu mendapatkan remedial, topik yang belum
dikuasai setiap siswa, serta faktor penyebab kesulitan,langkah selanjutnya
adalah menyusun rencana pembelajaran. Sama halnya pada pembelajaran pada umumnya, komponen-komponen yang harus
direncanakan dalam melaksanakan kegiatan remedial adalah sebagai berikut : (1)
Merumuskan indikator hasil belajar;(2) Menentukan materi yang sesuai dengan
indikator hasil belajar;(3) Memilih strategi dan metode yang sesuai dengan
karakteristik siswa;(4) Merencanakan waktu yang diperlukan;(5) Menentukan
jenis, prosedur dan alat penilaian.
4). Melaksanakan Kegiatan Remedial
Keterampilan Membaca Pemahaman
Setelah kegiatan perencanaan
remedial disusun,langkah berikutnya adalah melaksanakan kegiatan remedial.Sebaiknya
pelaksanaan kegiatan remedial dilakukan sesegera mungkin, karena semakin cepat
siswa dibantu mengatasi kesulitan yang dihadapinya, semakin besar kemungkinan
siswa tersebut berhasil dalam belajarnya
5). Menilai Kegiatan Remedial Keterampilan Membaca
Pemahaman
Untuk mengetahui berhasil tidaknya kegiatan remedial yang
telah dilaksanakan, harus dilakukan penilaian. Penilaian ini dapat dilakukan
dengan cara mengkaji kemajuan belajar siswa.Apabila siswa mengalami kemajuan
belajar sesuai yang diharapkan, berarti kegiatan remedial yang direncanakan dan
dilaksanakan cukup efektif membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar.
Tetapi, apabila siwa tidak mengalami kemajuan dalam belajarnya berarti kegiatan
remedial yang direncanakan dan dilaksanakan kurang efektif. Untuk itu guru
harus menganalisis setiap komponen pembelajaran.
script of Muhlisin
Post a Comment for "Langkah-langkah prosedur remedial"