Contoh Pidato Anak : Cara Menjaga Kesehatan



Cara Menjaga Kesehatan 

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

            Bapak Ibu Guru  Dewan Juri yang saya hormati, teman-teman SD se-kecamatan Nguter yang saya cintai marilah pertama-tama kita senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan YME karena atas berkah rahmatnya kita semua dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat wal afiat tanpa kurang suatu apapun



Hadirin yang saya hormati dan cintai

            Pada kesempatan kali ini saya akan berpidato tentang beberapa hal tentang cara menjaga kesehatan, mengingat betapa pentingnya kesehatan bagi kita dan selain itu juga ternyata akhir-akhir ini banyak teman-teman yang sakit. Setelah saya periksa tenyata hal tersebut bisa terjadi karena kurang  bisa menjaga kebersihan maupun dikarenakan kondisi cuaca yang akhir-akhir ini kurang bersahabat.


            Bila di tinjau dari kebersihan, misalnya penyakit DBD, maka untuk mencegahnya harus melakukan 3M yaitu menguras, menutup, mengubur. Untuk menguras bisa melakukan menguras bak mandi atau ember kemudian menutup bisa dilakukan dengan menutup  semua barang tempat penampungan  air  setiap selesai digunakan dan mengubur bisa dilakukan dengan mengubur semua barang yang tidak terpakai yang dapat menampung air. Semua itu dilakukan supaya tidak dijadikan tempat berkembang biak nyamuk Aides Aigpty. Hal tersebut dilakukan minimal 3kali sehari. Bila itu dilakukan maka insyallah akan aman dari penyakit DBD.

            Selain itu juga masih banyak penyakit lainnya yang erat hubungannya dengan kebersihan seperti penyakit kulit maupun sakit perut. Untuk menghindari penyakit kulit maupun sakit perut maka harus memperhatikan kebersihan badan, makanan, dan lingkungan. Misalnya, kalau tidak mandi atau mandi di sungai tentu akan timbul sakit kulit, begitu juga bila tidak bersih dalam mencuci makanan maupun cuci tangan sebelum makan  maka kuman atau  bakteri akan masuk ke badan kita dan menyebabkan kita tidak sehat akhirnya kita akan sakit perut.

            Kemudian bila di tinjau dari segi cuaca maka kita perlu menjaga kekebalan tubuh supaya tahan terhadap cuaca yang semakin tidak bersahabat ini.  Contoh, sekarang  musim hujan atau musim kemarau tidak dapat diprediksi sehingga perlu selalu waspada dengan memperhatikan kondisi tubuh, seperti istirahat yang cukup dan pola makan teratur. Bila cuaca selalu berubah-ubah kondisi tubuh tidak dijaga, maka kemungkinan tidak kuat akhirnya  bisa terkena penyakit seperti batuk, flu dan sebagainya. 


Hadirin yang saya hormati dan cintai

            Mengingat  betapa pentingnya kesehatan bagi kita maka mari kita jaga sebaik-baiknya kesehatan kita, baik dari segi kebersihan maupun kekebalan tubuh mengahadapi  cuaca yang tidak bersahabat ini.

            Demikian yang dapat saya sampaikan bila ada tutur kata yang kurang berkenan saya mohon maaf dan semoga dapat bermanfaat bagi saya khususnya dan para pendengar pada umumnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’allaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Post a Comment for "Contoh Pidato Anak : Cara Menjaga Kesehatan"