LEMBAR
OBSERVASI
KETERLAKSANAAN
SINTAKS PEMBELAJARAN
STRATEGI
PQ4R
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas : Kelas Eksperimen
Sekolah : SMA Negeri 1 Mojolaban
Pertemuan : 1-2
Alokasi
Waktu : 4 x 45 Menit
Pertemuan
pertama (2 x 45 menit)
No
|
Langkah Pembelajaran
|
Keterlaksanaan
|
Keterangan
|
||||
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Membuka
pelajaran, mengucapkan salam, mempresensi siswa, dan menyiapkan alat bahan
|
Menjawab
salam, melaporkan presensi, memposisikan diri dalam pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
2
|
Mengaitkan
pengetahuan awal dengan materi pembelajaran (Apersepsi)
|
Melihat
gambar yang ditampilkan guru dan menjawab pertanyaan guru
|
|
|
|
|
|
3
|
Mengajukan
pertanyaan yang berhubungan dengan materi pembelajaran (Motivasi)
|
Menjawab
pertanyaan guru
|
|
|
|
|
|
4
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
Mendengarkan
penjelasan dari guru
|
|
|
|
|
|
5
|
Menyampaikan
runtutan pembelajaran yang dilakukan pada hari ini
|
Memperhatikan
informasi dari guru dan menjawab pertanyaan guru
|
|
|
|
|
|
6
|
Memberikan literatur bahan
bacaan dan gambar tentang materi limbah
|
Menerima dan mencermati bahan
ajar yang diberikan guru
|
|
|
|
|
|
7
|
Menjelaskan kegiatan yang
dilakukan hari ini untuk melatih siswa membaca dan berfikir kritis agar lebih
mudah memahami materi dengan menemukan sendiri.
|
Memperhatikan penjelasan guru
|
|
|
|
|
|
8
|
Meminta siswa berkelompok
secara heterogen @ 6 orang
|
Siswa berkelompok secara
heterogen
|
|
|
|
|
|
9
|
(PREVIEW)
Menginformasikan siswa untuk menemukan ide pokok pembelajaran
yang dicapai
|
(PREVIEW)
Siswa mengkaji sekilas literatur yang diberikan dari
guru mengenai pengertian, jenis, dan dampak yang ditimbulkan limbah.
|
|
|
|
|
|
10
|
(QUESTIONS)
Guru meminta siswa membuat
pertanyaan yang relevan yang berkaitan tentang materi limbah.
|
(QUESTIONS)
Siswa membuat pertanyaan yang
relevan dan menemukan permasalahan-permasalahan dari materi limbah yang
dikaji.
|
|
|
|
|
|
11
|
(READ)
Mengarahkan siswa untuk
menanggapi dan menjawab pertanyaan yang muncul tadi dengan membaca literatur
kembali.
|
(READ)
Siswa mengkaji lebih dalam
lagi dengan membaca literatur limbah untuk menjawab dan menanggapi pertanyaan
dan masalah yang muncul.
|
|
|
|
|
|
12
|
(REFLECT)
Menginformasikan
materi-materi yang terkait dengan literatur limbah.
|
(REFLECT)
Siswa memecahkan masalah dari
informasi yang diberikan guru dengan pengetahuan yang diketahuinya melalui
presentasi.
|
|
|
|
|
|
13
|
(RECITE)
Meminta siswa membuat
intisari / outline dari seluruh pembahasan pelajaran hari ini
|
(RECIIE)
Membuat outline/ intisari seluruh
pelajaran hari ini
|
|
|
|
|
|
14
|
(REVIEW)
Meminta beberapa siswa untuk
maju ke depan kelas mengutarakan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang
telah dibuat, ide-ide pokok,
|
(REVIEW)
Mengutarakan secara lisan
dari pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat, ide-ide pokok, bagian yang
sulit dipahami dari literatur
|
|
|
|
|
|
15
|
Memberikan tanggapan dan
masukan terhadap presentasi dan diskusi kelas.
|
Memperhatikan penjelasan guru
|
|
|
|
|
|
16
|
Membahas beberapa pertanyaan
yang diajukan
|
Mencermati dan memahami
penjelasan dari guru.
|
|
|
|
|
|
17
|
Mengklarifikasi hal-hal yang
salah selama presentasi berlangsung
|
Mencermati dan memahami
penjelasan dari guru.
|
|
|
|
|
|
18
|
Memberi kesempatan untuk
bertanya tentang materi yang belum dipahami atau pertanyaan yang belum
terjawab.
|
Memanfaatkan kesempatan
bertanya yang diberikan guru
|
|
|
|
|
|
19
|
Mengarahkan siswa untuk
menarik kesimpulan palejaran hari ini.
|
Siswa mencoba menarik
kesimpulan dari pembahasan hari ini
|
|
|
|
|
|
20
|
Memberikan penugasan pertemuan selanjutnya
|
Mendengarkan perintah dari
guru
|
|
|
|
|
|
21
|
Menutup pembelajaran dengan
salam
|
Menjawab salam dari guru
|
|
|
|
|
|
Pertemuan kedua (2x 45 menit)
No
|
Langkah Pembelajaran
|
Keterlaksanaan
|
Keterangan
|
||||
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Membuka
pelajaran, mengucapkan salam, mempresensi siswa, dan menyiapkan alat bahan
|
Menjawab
salam, melaporkan presensi, memposisikan diri dalam pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
2
|
Mengaitkan
pengetahuan awal dengan materi pembelajaran (Apersepsi)
|
Melihat
gambar yang ditampilkan guru dan menjawab pertanyaan guru
|
|
|
|
|
|
3
|
Mengajukan
pertanyaan yang berhubungan dengan materi pembelajaran (Motivasi)
|
Menjawab
pertanyaan guru
|
|
|
|
|
|
4
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
Mendengarkan
penjelasan dari guru
|
|
|
|
|
|
5
|
Menyampaikan
runtutan pembelajaran yang dilakukan pada hari ini
|
Memperhatikan
informasi dari guru dan menjawab pertanyaan guru
|
|
|
|
|
|
6
|
Memberikan literatur bahan
bacaan dan gambar tentang materi limbah
|
Menerima dan mencermati bahan
ajar yang diberikan guru
|
|
|
|
|
|
7
|
Menjelaskan kegiatan yang
dilakukan hari ini untuk melatih siswa membaca dan berfikir kritis agar lebih
mudah memahami materi dengan menemukan sendiri.
|
Memperhatikan penjelasan guru
|
|
|
|
|
|
8
|
Meminta siswa berkelompok
secara heterogen @ 6 orang
|
Siswa berkelompok secara
heterogen
|
|
|
|
|
|
9
|
(PREVIEW)
Menginformasikan siswa untuk menemukan ide pokok pembelajaran
yang dicapai
|
(PREVIEW)
Siswa mengkaji sekilas literatur yang diberikan dari
guru tentang penanganan dan prosedur kerja daur ulang limbah.
|
|
|
|
|
|
10
|
(QUESTIONS)
Guru meminta siswa membuat
pertanyaan yang relevan yang berkaitan tentang materi limbah.
|
(QUESTIONS)
Siswa membuat pertanyaan yang
relevan dan menemukan permasalahan-permasalahan dari materi limbah yang
dikaji.
|
|
|
|
|
|
11
|
(READ)
Mengarahkan siswa untuk
menanggapi dan menjawab pertanyaan yang muncul tadi dengan membaca literatur
kembali.
|
(READ)
Siswa memahami dengan membaca
literatur limbah untuk menjawab dan menanggapi pertanyaan dan masalah yang
muncul.
|
|
|
|
|
|
12
|
(REFLECT)
Menginformasikan
materi-materi yang terkait dengan literatur limbah.
|
(REFLECT)
Siswa memecahkan masalah dari
informasi yang diberikan guru dengan pengetahuan yang diketahuinya dengan
presentasi.
|
|
|
|
|
|
13
|
(RECITE)
Meminta siswa membuat
intisari / outline dari seluruh pembahasan pelajaran hari ini
|
(RECIIE)
Membuat outline/ intisari seluruh
pelajaran hari ini
|
|
|
|
|
|
14
|
(REVIEW)
Meminta beberapa siswa untuk
maju ke depan kelas mengutarakan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang
telah dibuat, ide-ide pokok,
|
(REVIEW)
Mengutarakan secara lisan
dari pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat, ide-ide pokok, bagian yang
sulit dipahami dari literatur
|
|
|
|
|
|
15
|
Memberikan tanggapan dan
masukan terhadap presentasi dan diskusi kelas.
|
Memperhatikan penjelasan guru
|
|
|
|
|
|
16
|
Membahas beberapa pertanyaan
yang diajukan
|
Mencermati dan memahami
penjelasan dari guru.
|
|
|
|
|
|
17
|
Mengklarifikasi hal-hal yang
salah selama presentasi berlangsung
|
Mencermati dan memahami
penjelasan dari guru.
|
|
|
|
|
|
18
|
Memberi kesempatan untuk
bertanya tentang materi yang belum dipahami atau pertanyaan yang belum
terjawab.
|
Memanfaatkan kesempatan
bertanya yang diberikan guru
|
|
|
|
|
|
19
|
Mengarahkan siswa untuk
menarik kesimpulan palejaran hari ini.
|
Siswa mencoba menarik
kesimpulan dari pembahasan hari ini
|
|
|
|
|
|
20
|
Memberikan penugasan pertemuan selanjutnya
|
Mendengarkan perintah dari
guru
|
|
|
|
|
|
21
|
Menutup pembelajaran dengan
salam
|
Menjawab salam dari guru
|
|
|
|
|
|
Post a Comment for "Lembar Observasi Keterlaksanaan Pembelajaran PQ4R"