Hmm bagi yang bingung mau mengajar apa, pada Mata Pelajaran PD Pengembangan Diri di SD, berikut silabusnya :
PD pada dasarnya dibagi menjadi 2 yaitu :
1. Pengembangan diri dalam bentuk kegiatan ekstra
kurikuler.
2. Pengembangan
kegiatan pembiasaan sebagai salah satu proses pembentukan karakter dan penanaman akhlaq.
A.
PENGEMBANGAN DIRI DALAM BENTUK KEGIATAN EKSTRA KURIKULER
NO
|
JENIS
KEGIATAN
EKSTRA
KURIKULER
|
BENTUK
KEGIATAN
|
INDIKATOR
|
KEWIRAAN
|
|||
1.
|
Pramuka
|
1.
Latihan Rutin
2.
Latihan
Intensif
3.
Perkemahan
4.
Mengikuti
Even Lomba
|
1. Siswa
mengenal dan menyenangi kegiatan kepramukaan
2. Siswa
menerapkan nilai-nilai Dasa Darma Pramuka dalam perilaku kehidupan
kesehariannya
3. Mampu
berprestasi dalam bidang lomba kepramukaan
|
2.
|
Pasuspera
(Pasukan Khusus Pengibar Bendera)
|
1.
Latihan rutin
2.
Latihan Intensif
3.
Melaksanakan
Upacara Bendera pada Hari Senin dan hari besar nasional
4.
Mengikuti
Even Lomba
|
1. Siswa
mengenal dan menyenangi kegiatan Kijarpara
2. Siswa
menerapkan sikap disiplin dan keteraturan dalam perilaku kehidupan
kesehariannya
3. Mampu
menjadi petugas upacara di sekolah
4. Mampu
berprestasi dalam bidang lomba Rukibra
|
OLAH
RAGA
|
|||
3.
|
Drum Band
|
1.
Latihan Rutin
2.
Latihan
Intensif
3.
Eksibisi
4.
Mengikuti
Even Lomba
|
1. Siswa
mengenal dan menyenangi kegiatan Drum Band
2. Mampu
tampil mengisi acara di sekolah maupun di luar sekolah
3. Mampu
berprestasi dalam bidang lomba Drum Band
|
4.
|
Pencak Silat
|
1.
Latihan Rutin
2.
Latihan
Intensif
3.
Eksibisi
4.
Mengikuti
Even Lomba
|
1. Siswa
mengenal dan menyenangi kegiatan Pencak Silat
2. Mampu
tampil mengisi acara di sekolah maupun di luar sekolah
3. Mampu
berprestasi dalam bidang lomba Pencak Silat
|
5.
|
Sepak Bola
|
1.
Latihan Rutin
2.
Latihan
Intensif
3.
Mengikuti
Even Lomba
|
1.Siswa
mengenal dan menyenangi kegiatan Sepak Bola
2.
Mampu berprestasi dalam Kejuaraan Sepak Bola
|
6.
|
Soft Ball – Base Ball
|
1.
Latihan Rutin
2.
Latihan
Intensif
3.
Eksibisi (Try
Out)
4.
Mengikuti
Even Lomba
|
1. Siswa
mengenal dan menyenangi kegiatan Soft Ball – Base Ball
2. Mampu
berprestasi dalam Kejuaraan Soft Ball – Base Ball
|
7.
|
Tae Kwon-do
|
1.
Latihan Rutin
2.
Latihan
Intensif
3.
Eksibisi (Try
Out)
4.
Mengikuti
Even Lomba
|
1. Siswa
mengenal dan menyenangi kegiatan Tae Kwon-do
2. Mampu
berprestasi dalam Kejuaraan Tae Kwon-do
|
8.
|
Tenis Meja
|
1.
Latihan Rutin
2.
Latihan
Intensif
3.
Eksibisi (Try
Out)
4.
Mengikuti
Even Lomba
|
1. Siswa
mengenal dan menyenangi kegiatan Tenis Meja
2. Mampu
berprestasi dalam Kejuaraan Tenis Meja
|
SENI
|
|||
9.
|
Seni Karawitan
|
1.
Latihan Rutin
2.
Latihan
Intensif
3.
Eksibisi
4.
Mengikuti
Even Lomba
|
1.
Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan karawitan
2.
Mampu tampil mengisi acara di sekolah maupun luar sekolah
3.
Mampu berprestasi dalam bidang lomba Seni Sunda
|
10.
|
Seni Lukis
|
1.
Latihan Rutin
2.
Latihan
Intensif
3.
Mengikuti
Even Lomba
|
1.
Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan seni lukis
2.
Mampu berprestasi dalam bidang lomba Seni lukis
|
11.
|
Seni Tari
|
1.
Latihan Rutin
2.
Latihan
Intensif
3.
Eksibisi
4.
Mengikuti
Even Lomba
|
1. Siswa
mengenal dan menyenangi kegiatan Seni Tari
2. Mampu
tampil mengisi acara di sekolah maupun diluar sekolah
3. Mampu
berprestasi dalam bidang lomba Seni Tari
|
12.
|
Seni Musik dan Vokal
|
1.
Latihan Rutin
2.
Latihan
Intensif
3.
Eksibisi
4.
Mengikuti
Even Lomba
|
1. Siswa
mengenal dan menyenangi kegiatan seni musik dan vokal
2. Mampu
tampil mengisi acara di sekolah maupun diluar sekolah
3. Mampu
berprestasi dalam bidang lomba seni musik dan vocal
|
13.
|
Perkusi
(Eksibisi)
|
1.
Latihan Rutin
2.
Latihan
Intensif
3.
Eksibisi
4.
Mengikuti
Even Lomba
|
1. Siswa
mengenal dan menyenangi kegiatan perkusi
2. Mampu
tampil mengisi acara di sekolah maupun diluar sekolah
3. Mampu
berprestasi dalam bidang lomba perkusi
|
ILMIAH
|
|||
14.
|
English Club
|
1.
Latihan Rutin
2.
Latihan
Intensif
3.
Eksibisi
4.
Mengikuti
Even Lomba
|
1. Siswa
mengenal dan menyenangi kegiatan Kelompok Belajar Bahasa Inggris
2. Siswa
mendapat wawasan keilmuan diluar pelajaran sekolah
3. Mampu
berprestasi dalam bidang Bahasa Inggris
|
15.
|
Kelompok Ilmiah Dasar (KID)
|
1.
Kegiatan
Rutin
2.
Pengamatan
dan Penelitian sederhana
3.
Studi
Komparatif
4.
Mengikuti
Even Lomba
|
1. Siswa
mengenal dan menyenangi kegiatan Ilmiah dasar
2. Siswa
mendapat wawasan keilmuan diluar pelajaran sekolah
3. Mampu
berprestasi dalam bidang kegiatan ilmiah/sains
|
B. Pengembangan Kegiatan Pembiasaan sebagai
salah satu proses pembentukan karakter dan penanaman akhlaq
No
|
JENIS KEGIATAN PEMBIASAAN
|
BENTUK KEGIATAN
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN RUTIN
|
|||
1.
|
Shalat berjamaah
|
a. Melaksanakan
Sholat Dzuhur dan Ashar Berjama’ah
b. Melaksanakan
Sholat Jum’at
|
1.
Siswa
mengetahui pahala dan manfaat sholat berjama’ah
2.
Siswa
terbiasa melaksanakan sholat berjama’ah
3.
Siswa
terbiasa untuk selalu tepat waktu dalam mengikuti setiap kegiatan
4.
Siswa
terbiasa dengan sikap keteraturan
|
2.
|
Mentari Pagi
|
a. Mengikuti Pengajian Pagi
·
Hapalan Surat Pendek Al-Qur’an
·
Hapalan Bacaan Sholat
·
Hapalan Do’a Harian
·
Hapalan Sifat Wajib Bagi Allah dan Rosul SAW
·
Hapalan Asmaul Husna
|
1.
Siswa
mampu mengahapal surat-surat pendek dalam Al-Qur’an
2.
Siswa
mampu menghapal bacaan sholat
3.
Siswa
mampu menghapal do’a–do’a harian
4.
Siswa
mampu menghapal dan memahami sifat wajib bagi Allah dan Rosul SAW
5.
Siswa
mampu menghapal dan memahami asmaul husna
|
3.
|
Upacara Bendera
|
a. Mengikuti
Pelaksanaan Upacara
b. Menjadi Petugas
Upacara
|
1.
Siswa
mendapatkan nilai nasionalisme dan patriotisme
2.
Siswa
terbiasa dengan sikap disiplin dan keteraturan
3.
Siswa mampu menjadi petugas upacara
|
4.
|
Tadarus Al-Qur’an
|
a. Mengikuti
Pembacaan Al-qur’an secara rutin dan kontinyu
|
1.
Siswa
mengetahui pahala dan manfaat membaca Al-Qur’an secara rutin dan kontinyu
2.
Siswa
mendapat kecerdasan emosi dan spiritual sebagai relfeksi ilahiyah.
|
5.
|
Pembinaan Tilawah Qur’an
|
a. Mengikuti
Pelatihan dan Pembinaan Tilawah Al-Qur’an secara rutin dan kontinyu
|
1.
Siswa
mengetahui pahala dan manfaat dari tilawah Qur’an
2.
Siswa
mampu membaca Al-Qur’an dengan baik, benar dan indah
|
KEGIATAN TERPRO-GRAM
|
|||
1.
|
Kegiatan Keagamaan
1. Pesantren Ramadhan
2. Pelaksanaan ’Idul
Qurban
|
1. a. Mengisi Bulan
Suci Ramadlan dengan berbagai amaliah ibadah
b. Menambah wawasan keilmuan tentang keislaman
c. Melatih kediplinan siswa dalam rutinitas ibadah
2. a. Melatih diri
dalam melaksanakan ajaran islam (ber Qurban)
b. Mempraktekkan tata cara
pelaksanaan qurban
c. Meningkatkan ketakwaan diri melalui proses ibadah qurban
|
1.
Siswa
mengetahui pahala dan manfaat dari amaliyah ibadah di bulan ramadhan
2.
Siswa
mampu mengisi bulan suci ramadhan dengan berbagai amaliyah ibadah
3.
Siswa
terbiasa dengan kedisiplinan dalam beribadah pasca bulan ramadhan
4.
Tumbuhnya
ketakwaan pada setiap individu siswa yang merupakan berkah dari kegiatan di
Bulan Suci Ramadlan
1.
Siswa
mengetahui tatacara pelaksanaan qurban
2.
Terbentuknya
pribadi siswa yang sholeh
3.
Tumbuhnya
jiwa rela berkorban dan ikhlas dalam beribadah dan beramal ibadah
|
2.
|
Kegiatan Nasionalisme dan Patriotisme
1. Peringatan Hari
Kemerdekaan RI
2. Peringatan Hari
Pahlawan
3. Peringatan Hari
Pendidikan Nasional
- Seminar Pendidikan
- Bedah Buku
|
1. a. Mengenang
kembali jasa perjuangan dari para pahlawan
b.
Menanamkan
jiwa perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dalam menggapai kemerdekaan
c.
Menanamkan
akan pentingnya rasa persatuan dan kesatuan dalam usaha menggapai cita-cita
bersama
2. a. Mengenang
pengorbanan para pahlawan dalam menggapai cita-cita perjuangan
b. Menanamkan jiwa perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dalam
media pendidikan
3. a. Mengenalkan
paradigma pembelajaran dalam sesuai dengan perkembangan kurikulum terbaru
b. Merangsang
peran guru dalam mempersiapkan kompetensi diri dalam upaya memenuhi tuntutan
paradima pembelajaran yang terus berkembang
c. Melakuan penyadaran dan penyegaran dalam kebekuan dan kekakuan
(conservative teaching) guru dalam proses pembelajaran di kelas
|
1.
Tumbuhnya
jiwa pekerja (belajar) keras/berjuang dan rela berkorban pada diri siswa
dalam menggapai sebuah cita-cita
2.
Tumbuhnya
rasa persatuan dan kesatuan dalam diri siswa untuk menggapai cita-cita
bersama
1.
Mendapatkan
wawasan dan keilmuan dalam paradigma pendidikan modern yang lebih kompleks
2.
Mendapatkan
kembali gairah mengajar para guru dengan metoda mengajar yang lebih
menyenangkan yang akan berdampak pada semangat belajar anak
|
Post a Comment for "Silabus Mapel Pengembangan Diri (PD) di SD"