a.
Langkah-langkah Metode Inkuiri
Menurut
Piaget di dalam Ida menjelaskan Inkuiri sebagai teknik pengajaran mengandung
arti bahwa dalam proses pembelajaran berlangsung pengajar harus dapat mendorong
dan memberi kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif dalam belajar. Adapun
langkah-langkah pembelajarannya:
1) Membina suasana yang responsif
diantara siswa.
2) Mengemukakan permasalahan untuk
di inkuiri (ditemukan) melalui cerita, film, gambar, dan sebagianya. Kemudian
mengajukan pertanyaan ke arah mencari, merumuskan dan memperjelas permasalahan
dari cerita dan gambar.
3) Mengajukan pertanyaan-pertanyaan
kepada siswa, pertanyaan yang diajukan bersifat mencari atau mengajukan
informasi atas data tentang masalah tersebut.
4) Merumuskan hipotesis/ perkiraan
yang merupakan jawaban dari peryataan tersebut. Perkiraan jawaban ini akan terlihat
tidaknya setelah pengumpulan data dan pembuktian atas data. Siswa mencoba
merumuskan hipotesis permasalahan tersebut. Guru membantu dengan
pertanyaan-pertanyaan pancingan.
5) Menguji hipotesis, guru
mengajukan petanyaan yang bersifat meminta data untuk pembuktian hipotesis.
6) Pengambilan kesimpulan
perumusan kesimpulan ini dilakukan guru dan siswa (Piaget dalam Ida, 2005: 55).
Jadi metode inkuiri adalah suatu
metode pengajaran yang memberi kesempatan kepada siswa lebih aktif dalam belajar
dengan langkah langkah yang sistematis yaitu membina suasana yang responsif,
mengemukakan permasalahan dan mengajukan pertanyaan, merumuskan hipotesis dan
kemudian mengujinya dan yang terakhir pengambilan kesimpulan yang dilakukan
oleh siswa dan guru.
Ida. 2005. Metode Pembelajaran. Jogjakarta: Yappindis.
Post a Comment for "Langkah-langkah Metode Inkuiri"