Berikut contoh RPP Menulis Karangan menggunaka model Quantum Learning yang terdiri dari 2 siklus dengan alokasi waktu 5 x 35 menit dalam 2 kali pertemuan..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MODEL qUANTUM LEARNING
(Siklus I)
Sekolah : SDN Nguter 04
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / I
Alokasi Waktu : 5 x 35 menit (2 kali pertemuan)
Hari / Tanggal : 1. Kamis, 15 September 2011
2. Selasa, 20 September 2011
I. Standar Kompetensi
Menulis
1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis.
II. Kompetensi Dasar
4.1. Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan.
III. Indikator
4.1.2. Menyusun kerangka karangan.
4.1.3 Mengembangkan kerangka karangan menjadi karangan yang utuh dan padu serta penggunaan ejaan yang benar.
IV. Tujuan Pembelajaran
A. Kognitif
1. Siswa melalui tanya jawab dapat menyusun kerangka karangan dengan tepat.
2. Siswa melalui diskusi kelompok dapat mengembangkan paragraf disertai penggunaan EYD dengan benar.
B. Afektif
1. Siswa melalui tanya jawab dapat mengajukan pendapat mengenai penyusunan kerangka karangan dengan sopan.
2. Siswa melalui diskusi kelompok dapat bertukar pikiran dengan saling menghargai pendapat antar teman.
C. Psikomotor
1. Siswa melalui diskusi kelompok dapat mendemonstrasikan menyusun kerangka karangan dengan tepat.
2. Siswa melalui diskusi kelompok dapat mengembangkan kerangka karangan dengan tepat.
V. Dampak Pengiring
- Setelah melaksanakan pembelajaran ini siswa diharapkan dapat mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi secara tertulis dalam kehidupan sehari-hari dengan bahasa yang padu disertai penggunaan EYD yang benar.
VI. Materi Pembelajaran
Karangan
A. Karangan
Karangan adalah bentuk tulisan yang mengungkapkan pikiran dan perasaan pengarang dalam satu kesatuan tema yang utuh. Karangan diartikan pula dengan rangkaian hasil pemikiran atau ungkapan perasaan ke dalam bentuk tulisan yang teratur.
B. Kerangka Karangan
Hasil rangkaian (susunan) kerangka karangan adalah rencana kerja, yang memuat garis besar suatu karangan. Manfaat dari suatu kerangka karangan adalah:
a. Memudahkan penyusunan karangan sehingga karangan menjadi lebih sistematis dan teratur.
b. Memudahkan penempatan antara bagian karangan yang penting dengan yang tidak penting.
c. Menghindari timbulnya pengulangan bahasa.
d. Membantu pengumpulan data dan sumber-sumber yang diperlukan.
C. Langkah-langkah Menulis Karangan
a. Menentukan tema.
Tema adalah sesuatu yang menjadi dasar cerita. Tema selalu berkaitan dengan berbagai pengalaman kehidupan, seperti masalah kesehatan, pariwisata, kesenian, religi, kesedihan, cinta, kasih sayang. Dalam hal tertentu, tema sering disinonimkan dengan ide atau tujuan utama cerita.
b. Membuat kerangka karangan.
Membuat kerangka karangan adalah membuat garis besar karangan yang akan ditulis.
c. Menentukan judul.
d. Mengembangkan paragraf kerangka karangan.
VII. Metode, Media dan Sumber Belajar
1. Metode Pembelajaran
- Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, penugasan.
2. Media Pembelajaran
- Teks contoh karangan
- Gambar pengalaman.
3. Sumber Belajar
- Umri Nur’aini & Indriyani. 2008. Bahasa Indonesia Untuk SD dan MI Kelas V. Halaman 35 – 37. Penerbit : Depdiknas.
- Edi Warsidi & Farik. 2008. Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas 5. Halaman 14-16. Penerbit : Depdiknas.
- Silabus BSNP kelas V.
VIII. Langkah-langkah Pembelajaran :
Pertemuan I (2 x 35 menit)
Kegiatan | Aspek | Alokasi Waktu |
1. Kegiatan Awal a. Salam. b. Guru mengkondisikan kelas untuk siap belajar. c. Guru memberi apersepsi dengan menyanyikan lagu ”Disini senang disana senang”. d. Guru memberi tahu tujuan dalam melaksanakan pembelajaran “Setelah melaksanakan pembelajaran ini kalian diharapkan bisa menyusun kerangka karangan serta menentukan judul yang tepat”. | - Tumbuhkan - Tumbuhkan | 5 Menit |
2. Kegiatan Inti Eksplorasi a. Siswa dengan bimbingan guru menyusun kerangka karangan dengan media gambar. b. Siswa diberi kesempatan untuk tanya jawab mengenai judul yang sesuai isi kerangka karangan. Elaborasi c. Siswa dengan diskusi kelompok menyusun kerangka karangan kemudian menentukan judul yang tepat dengan media gambar d. Salah satu anggota kelompok maju menuliskan hasil pekerjaannya. e. Setiap siswa yang telah maju kedepan diberi reward. Konfirmasi f. Siswa mengkoreksi hasil pekerjaan kelompok lain g. Siswa mempertegas langkah-langkah menulis karangan. | - Alami - Namai - Ulangi - Demonstrasi - Rayakan - Namai - Tumbuhkan | 40 Menit |
3. Kegiatan Akhir a. Siswa secara individu menyusun kerangka karangan disertai pemberian judul yang sesuai. b. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran. c. Guru melakukan refleksi dengan memberikan tanggapan apa yang tadi kurang dan memancing siswa tentang hal apa yang perlu diperbaiki pada pertemuan yang akan datang. d. Guru memberi tindak lanjut (dengan menyuruh memperbaiki bagi yang nilainya kurang sebagai dasar pengembangan paragraf atau karangan pada pertemuan berikutnya). e. Salam. | - Ulangi - Tumbuhkan | 25 Menit |
Pertemuan II (3 x 35 menit)
Kegiatan | Aspek | Alokasi Waktu |
1. Kegiatan Awal a. Salam. b. Guru mengkondisikan kelas untuk siap belajar. c. Guru memberi apersepsi ”Anak-anak apakah kalian sudah memperbaiki kerangka kalian?” d. Guru memberi tahu tujuan dalam melaksanakan pembelajaran “Setelah melaksanakan pembelajaran ini kalian diharapkan mengungkapkan pengalaman secara tertulis dengan pilihan kata yang tepat dan ejaan yang benar”. | - Tumbuhkan - Tumbuhkan | 5 Menit |
2. Kegiatan Inti Eksplorasi a. Siswa dengan bimbingan guru mengembangkan kerangka karangan. b. Siswa diberi kesempatan untuk tanya jawab mengenai penulisan karangan yang benar. c. Siswa yang berhasil menjawab diberi reward. Elaborasi d. Siswa dengan diskusi kelompok mengembangkan kerangka karangan yang dibuat pada pertemuan sebelumnya. e. Setelah selesai siswa maju membacakan hasilnya. f. Kelompok siswa yang telah maju di beri reward. Konfirmasi g. Siswa mempertegas hal pokok mengenai menulis karangan baik pengembangan karangan maupun teknik penulisannya. | - Alami - Namai - Rayakan - Ulangi - Demonstrasi - Rayakan - Tumbuhkan | 60 Menit |
3. Kegiatan Akhir a. Siswa secara individu mengembangkan kerangka karangan yang dibuat pada pertemuan sebelumnya. b. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran. c. Guru melakukan refleksi dengan memberikan tanggapan apa yang tadi kurang dan memancing siswa tentang hal apa yang perlu diperbaiki pada pertemuan yang akan datang. d. Salam. | - Ulangi - Tumbuhkan | 40 Menit |
IX. Penilaian
a. Prosedur : Tes Akhir.
b. Jenis : Tes Tertulis.
c. Bentuk : Subjektif.
d. Alat tes : Soal, kunci jawaban, kriteria penilaian.
Mengetahui, Kepala SD N Nguter 04 Edi Riyanto, S.Pd NIP. 19670811 1999301 1 001 | Nguter, 12 September 2011 Praktikan Wahyu Budi Setyawan NIM. X7109119 |
Lampiran RPP
Soal
A. Pertemuan I
1. Tulislah kerangka karangan berdasarkan pengalamanmu sesuai dengan tema yang kalian tentukan sendiri kemudian tentukan judul yang tepat!
B. Pertemuan II
1. Kembangkanlah kerangka karangan yang telah kalian buat pada pertemuan sebelumnya dengan menggunakan pilihan kata yang tepat EYD yang benar!
Kunci Jawaban
A. Pertemuan I
1. Kebijakan guru.
B. Pertemuan II
1. Kebijakan guru.
Kriteria Penilaian
A. Pertemuan I (Kerangka karangan)
No | Aspek yang Dinilai (Menyusun Kerangka Karangan) | Skor Maks |
1. | Kepaduan antar kerangka karangan | 15 |
2. | Penggunaan kalimat yang efektif | 10 |
3. | Kasesuaian penentuan judul | 5 |
Jumlah Skor | 30 |
B. Pertemuan II (Isi karangan)
No | Aspek yang Dinilai (Mengembangkan Kerangka Karangan) | Skor Maks |
1. | Kesesuaian isi dengan kerangka karangan | 25 |
2. | Penggunaan pilihan kata yang tepat | 20 |
3. | Penggunaan EYD | 15 |
4. | Penulisan struktur paragraf | 10 |
Jumlah Skor / Nilai | 70 |
Penilaian = Jumlah skor kerangka karangan + jumlah skor isi karangan
= 30 + 70 = 100
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MODEL qUANTUM LEARNING
(Siklus II)
Sekolah : SDN Nguter 04
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / I
Alokasi Waktu : 5 x 35 menit (2 kali pertemuan)
Hari / Tanggal : 1. Kamis, 22 September 2011
2. Selasa, 27 September 2011
I. Standar Kompetensi
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis.
II. Kompetensi Dasar
4.1. Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan.
III. Indikator
4.1.2. Menyusun kerangka karangan.
4.1.3. Mengembangkan kerangka karangan menjadi karangan yang utuh dan padu serta penggunaan ejaan yang benar.
IV. Tujuan Pembelajaran
A. Kognitif
1. Siswa melalui tanya jawab dapat menyusun kerangka karangan dengan tepat.
2. Siswa melalui diskusi kelompok dapat mengembangkan paragraf disertai penggunaan EYD dengan benar.
B. Afektif
1. Siswa melalui tanya jawab dapat mengajukan pendapat mengenai penyusunan kerangka karangan dengan sopan.
2. Siswa melalui diskusi kelompok dapat bertukar pikiran dengan saling menghargai pendapat antar teman.
C. Psikomotor
1. Siswa melalui diskusi kelompok dapat mendemonstrasikan menyusun kerangka karangan dengan tepat.
2. Siswa melalui diskusi kelompok dapat mengembangkan kerangka karangan dengan tepat.
V. Dampak Pengiring
- Setelah melaksanakan pembelajaran ini siswa diharapkan dapat mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi secara tertulis dalam kehidupan sehari-hari dengan bahasa yang padu disertai penggunaan EYD yang benar.
VI. Materi Pembelajaran
Karangan
A. Karangan
Karangan adalah bentuk tulisan yang mengungkapkan pikiran dan perasaan pengarang dalam satu kesatuan tema yang utuh. Karangan diartikan pula dengan rangkaian hasil pemikiran atau ungkapan perasaan ke dalam bentuk tulisan yang teratur.
B. Kerangka Karangan
Hasil rangkaian (susunan) kerangka karangan adalah rencana kerja, yang memuat garis besar suatu karangan. Manfaat dari suatu kerangka karangan adalah:
a. Memudahkan penyusunan karangan sehingga karangan menjadi lebih sistematis dan teratur.
b. Memudahkan penempatan antara bagian karangan yang penting dengan yang tidak penting.
c. Menghindari timbulnya pengulangan bahasa.
d. Membantu pengumpulan data dan sumber-sumber yang diperlukan.
C. Langkah-langkah Menulis Karangan
a. Menentukan tema.
Tema adalah sesuatu yang menjadi dasar cerita. Tema selalu berkaitan dengan berbagai pengalaman kehidupan, seperti masalah kesehatan, pariwisata, kesenian, religi, kesedihan, cinta, kasih sayang. Dalam hal tertentu, tema sering disinonimkan dengan ide atau tujuan utama cerita.
b. Membuat kerangka karangan.
c. Membuat kerangka karangan adalah membuat garis besar karangan yang akan ditulis.
d. Membuat judul.
e. Mengembangkan paragraf kerangka karangan.
VII. Metode, Media dan Sumber Belajar
1. Metode Pembelajaran
- Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, penugasan.
2. Media Pembelajaran
- Teks contoh karangan.
- Gambar – gambar pengalaman.
3. Sumber Belajar
- Umri Nur’aini & Indriyani. 2008. Bahasa Indonesia Untuk SD dan MI Kelas V. Halaman 35 - 37, penerbit : Depdiknas.
- Edi Warsidi & Farik. 2008. Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas 5. Halaman 14-16, penerbit : Depdiknas.
- Silabus BSNP kelas V.
VIII. Langkah-langkah Pembelajaran :
Pertemuan I (2 x 35 menit)
Kegiatan | Aspek | Alokasi Waktu |
1. Kegiatan Awal a. Salam. b. Guru mengkondisikan kelas untuk siap belajar. c. Guru memberi apersepsi dengan bernyanyi bersama ”Pada Hari Minggu”. d. Guru memberi tahu tujuan dalam melaksanakan pembelajaran “Setelah melaksanakan pembelajaran ini kalian diharapkan dapat menyusun kerangka karangan dengan padu serta menentukan judul yang tepat”. | - Tumbuhkan - Tumbuhkan | 5 Menit |
2. Kegiatan Inti Eksplorasi a. Siswa dengan bimbingan guru menyusun kerangka karangan bersama dengan media gambar. b. Siswa diberi kesempatan untuk tanya jawab mengenai hal yang kurang serta penentuan judul yang sesuai isi kerangka karangan. c. Siswa yang mempunyai ide maju kedepan menuliskan idenya. d. Siswa yang menanggapi/maju diberi reward. Elaborasi e. Siswa dengan diskusi kelompok menyusun kerangka karangan dengan media gambar yang dipilih masing-masing kelompok. Kemudian siswa berlomba-lomba menyelesaikan menuliskan kedepan setiap bagian kerangka karangan yang dikerjakan. f. Setiap siswa yang telah maju diberi reward oleh kelompoknya masing-masing. Konfirmasi g. Siswa mengkoreksi bersama hasil pekerjaan kelompok. h. Siswa mempertegas langkah-langkah menulis karangan. | - Alami - Namai - Demonstrasi - Rayakan - Ulangi - Rayakan - Namai - Tumbuhkan | 40 Menit |
3. Kegiatan Akhir a. Siswa secara individu menyusun kerangka karangan disertai penentuan tema secara bebas. b. Siswa yang selesai dahulu diberi reward. c. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran. d. Guru melakukan refleksi dengan memberikan tanggapan apa yang tadi kurang dan memancing siswa tentang hal yang perlu diperbaiki pada pertemuan selanjutnya. e. Guru memberi tindak lanjut (dengan menyuruh memperbaiki bagi yang nilainya kurang sebagai dasar pengembangan paragraf atau karangan pada pertemuan berikutnya). f. Salam. | - Ulangi - Rayakan - Tumbuhkan | 25 Menit |
Pertemuan II (3 x 35 menit)
Kegiatan | Aspek | Alokasi Waktu |
1. Kegiatan Awal a. Salam. b. Guru mengkondisikan kelas untuk siap belajar. c. Guru memberi apersepsi ”Anak-anak apakah kalian sudah memperbaiki kerangka kalian?” d. Guru memberi tahu tujuan dalam melaksanakan pembelajaran “Setelah melaksanakan pembelajaran ini kalian diharapkan mengungkapkan pengalaman secara tertulis dengan pilihan kata yang tepat dan ejaan yang benar”. | - Tumbuhkan - Tumbuhkan | 5 Menit |
2. Kegiatan Inti Eksplorasi a. Siswa dengan bimbingan guru mengembangkan kerangka karangan sesuai gambar. b. Siswa diberi kesempatan untuk tanya jawab mengenai penggunaan EYD dengan benar. c. Siswa menuliskan tanggapannya didepan. d. Siswa yang menanggapi menjawab diberi reward. Elaborasi e. Siswa dengan diskusi kelompok melanjutkan mengembangkan kerangka karangan pada pertemuan sebelumnya. f. Setelah selesai siswa maju menuliskan sebagian hasil karangannya. g. Kelompok siswa yang telah maju di beri reward. Konfirmasi h. Siswa mempertegas hal pokok mengenai menulis karangan baik pengembangan karangan maupun teknik penulisannya. | - Alami - Namai - Demonstrasi - Rayakan - Ulangi - Demonstrasi - Rayakan - Tumbuhkan | 60 Menit |
3. Kegiatan Akhir a. Siswa secara individu mengembangkan kerangka karangan sebelumnya. g. Siswa yang selesai dahulu diberi reward. b. Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran. c. Guru melakukan refleksi dengan memberikan tanggapan apa yang tadi kurang dan memancing siswa tentang hal apa yang perlu diperbaiki pada pertemuan yang akan datang. d. Salam. | - Ulangi - Rayakan - Tumbuhkan | 40 Menit |
IX. Penilaian
a. Prosedur : Tes Akhir.
b. Jenis : Tes Tertulis.
c. Bentuk : Subjektif.
d. Alat tes : Soal, kunci jawaban, kriteria penilaian.
Mengetahui, Kepala SD N Nguter 04 Edi Riyanto, S.Pd. NIP. 19670811 1999301 1 001 | Nguter, 12 September 2011 Praktikan Wahyu Budi Setyawan NIM. X7109119 |
Lampiran RPP
Soal
A. Pertemuan I
1. Tulislah kerangka karangan berdasarkan pengalamanmu sesuai dengan tema yang kalian tentukan sendiri kemudian tentukan judul yang tepat!
B. Pertemuan II
1. Kembangkanlah kerangka karangan yang telah kalian buat pada pertemuan sebelumnya dengan menggunakan pilihan kata yang tepat EYD yang benar!
Kunci Jawaban
A. Pertemuan I
1. Kebijakan guru.
B. Pertemuan II
1. Kebijakan guru.
Kriteria Penilaian
A. Pertemuan I (Kerangka karangan)
No | Aspek yang Dinilai (Menyusun Kerangka Karangan) | Skor Maks |
1. | Kepaduan antar kerangka karangan | 15 |
2. | Penggunaan kalimat yang efektif | 10 |
3. | Kasesuaian penentuan judul | 5 |
Jumlah Skor | 30 |
B. Pertemuan II (Isi karangan)
No | Aspek yang Dinilai (Mengembangkan Kerangka Karangan) | Skor Maks |
1. | Kesesuaian isi dengan kerangka karangan | 25 |
2. | Penggunaan pilihan kata yang tepat | 20 |
3. | Penggunaan EYD | 15 |
4. | Penulisan struktur paragraf | 10 |
Jumlah Skor / Nilai | 70 |
Penilaian = Jumlah skor kerangka karangan + jumlah skor isi karangan
= 30 + 70 = 100
3 comments for "RPP MENULIS KARANGAN KELAS V SD"
sangat membantu
saya sdng mencari referensi tugas, siapa tau ada Karya yang berkaitan?