Berikut contoh Lembar Observasi Kinerja Guru beserta Deskriptor Penilaiannya dari skripsi penulis :
Lampiran 10
LEMBAR OBSERVASI KINERJA GURU
SIKLUS I PERTEMUAN I
No
|
ASPEK YANG DINILAI
|
SKOR
|
I
|
Mengelola ruang dan fasilitas pembelajaran
| |
1.
|
Menyiapkan ruang, alat bantu belajar, dan sumber belajar.
|
3
|
2.
|
Melaksanakan tugas harian kelas.
|
3
|
Rata-rata butir I =
|
3.00
| |
II
|
Melaksanakan kegiatan pembelajaran
| |
1.
|
Melakukan kegiatan pembelajaran.
|
3
|
2.
|
3
| |
3.
|
Menggunakan alat bantu (media) pembelajaran sesuai dengan tujuan, situasi dan lingkungan.
|
4
|
4.
|
Melaksanakan pembelajaran dalam urutan yang logis.
|
3
|
5.
|
Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara individual, kelompok atau klasikal.
|
3
|
6.
|
Mengelola waktu pembelajaran secara klasikal.
|
3
|
Rata-rata butir II =
|
3.17
| |
III
|
Mengelola Interaksi Kelas
| |
1.
|
Memberikan petunjuk dan penjelasan yang terkait dengan isi pembelajaran.
|
3
|
2.
|
Menangani pertanyaan dan respon siswa.
|
4
|
3.
|
Menggunakan ekspresi lisan, tulisan, isyarat, dan gerakan badan.
|
3
|
4.
|
Memicu dan memelihara ketertiban siswa.
|
3
|
5.
|
Memantapkan penguasaan materi.
|
3
|
Rata-rata butir III =
|
3.20
| |
IV.
|
Bersikap terbuka dan luwes serta membantu mengembangkan sikap positif siswa terhadap belajar
| |
1.
|
Menunjukkan sikap ramah, hangat, luwes terbuka, penuh pengertian, dan sabar kepada siswa.
|
4
|
2.
|
Menunjukkan kegairahan belajar.
|
3
|
3.
|
Mengembanggakan hubungan antar pribadi yang sehat dan serasi.
|
3
|
4.
|
Membantu siswa menyadari kelebihan dan kekurangan.
|
3
|
5.
|
Membantu siswa menumbuhkan kepercayaan diri.
|
3
|
Rata-rata butir IV =
|
3.20
| |
V
|
Pelaksanaan evaluasi proses dan hasil belajar
| |
1.
|
Melaksanakan penilaian proses.
|
3
|
2.
|
Melaksanakan penilaian akhir
|
3
|
Rata-rata butir V =
|
3.00
| |
Nilai APKG = (I + II + III + IV + V ) : 5
|
3.14
|
Nguter, September 2011
Observer,
Suwati, S.Pd
NIP. 19690721 200801 2 017
|
DESKRIPTOR PENILAIAN KINERJA GURU
I. Mengelola ruang dan fasilitas pembelajaran.
1. Menyiapkan ruang, alat bantu belajar, dan sumber belajar.
a. Alat bantu (Media) yang diperlukan tersedia.
b. Sumber alat yang diperlukan tersedia.
c. Alat bantu (Media) yang diperlukan terpasang ditempatnya.
d. Sumber alat yang diperlukan terpasang ditempatnya.
2. Melaksanakan tugas harian kelas.
a. Ketersediaan kelengkapan alat tulis mengajar.
b. Absensi kehadiran siswa.
c. Kebersihan dan kerapian papan tulis, pakaian siswa, dan perabot kelas.
d. Kesiapan alat-alat pembelajaran siswa serta kesiapan siswa mengikuti pembelajaran.
II. Melaksanakan kegiatan pembelajaran.
1. Melakukan kegiatan pembelajaran.
a. Menarik perhatian siswa.
b. Memotivasi siswa.
c. Mengaitkan materi dengan pengalaman siswa.
d. Memberikan acuan yang dapat dilakukan dengan menggambarkan garis besar materi dan kegiatan.
2. Melaksanakan jenis kegiatan yang sesuai dengan tujuan, situasi dan lingkungan.
a. Materi pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran.
b. Kegiatan pembelajaran sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan siswa.
c. Pembelajaraan terkoordinir dengan baik.
d. Kegiatan pembelajaran sesuai dengan situasi dan lingkungan belajar (ruang dan prabot).
3. Menggunakan alat bantu (media) pembelajaran sesuai dengan tujuan, situasi dan lingkungan.
a. Media pembelajaran sesuai dengan materi.
b. Media pembelajaran rapi dan menarik.
c. Media pembelajaran mudah dipahami maksud dan fungsinya.
d. Penggunaan media pembelajaran melibatkan siswa.
4. Melaksanakan pembelajaran dalam urutan yang logis.
a. Kegiatan disajikan dari mudah ke sukar.
b. Kegiatan yang disajikan saling terkait satu sama lain.
c. Kegiatan bermuara pada kesimpulan.
d. Adanya tindak lanjut pada akhir pembelajaran.
5. Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara individual, kelompok atau efisiensi.
a. Sesuai dengan rencana pembelajaran.
b. Sesuai dengan tujuan pembelajaran.
c. Perubahan kegiatan berlangsung dengan lancar.
d. Dalam setiap kegiatan siswa telibat secara optimal.
6. Mengelola waktu pembelajaran secara efisien.
a. Dimulai tepat waktu.
b. Sesuai dengan rencana pembelajaran.
c. Dilaksanakan sampai akhir waktu yang telah dialokasikan.
d. Tidak terjadi penundaan waktu dalam pembelajaraan.
III. Mengelola Interaksi Kelas.
1. Memberikan petunjuk dan penjelasan yang terkait dengan isi pembelajaran.
a. Petunjuk dan penjelasan sesuai rencana pembelajaran.
b. Petunjuk dan penjelasan sesuai tujuan pembelajaran.
c. Petunjuk dan penjelasan sesuai materi pembelajaran.
d. Petunjuk dan penjelasan sesuai mudah dipahami dan dimengerti.
2. Menangani pertanyaan dan respon siswa.
a. Memupuk semangat dan keberanian siswa bertanya.
b. Merespon pertanyaan siswa dengan hangat dan antusias.
c. Melakukan respons pertanyaan secara merata.
d. Memberikan reward kepada peserta yang bertanya.
3. Menggunakan ekspresi lisan, tulisan, isyarat, dan gerakan badan.
a. Pembicaraan lancar.
b. Pembicaraan dapat dimengerti.
c. Materi tertulis ataupun soal evaluasi tertulis jelas.
d. Isyarat gerak badan yang digunakan tepat.
4. Membantu siswa menyadari kelebihan dan kekurangan.
a. Membantu siswa mengingat pengalaman atau pengetahuan yang telah diperoleh.
b. Mendorong siswa pasif untuk berpartisipasi.
c. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang bersifat terbuka dan memacing reaksi siswa.
d. Menanggapi secara aktif dan positif siswa yang berpartisipasi.
5. Memantapkan penguasaan materi.
a. Malakukan kesimpulan diakhir pembelajaran.
b. Melibatkan siswa dalam menyimpulkan materi pembelajaran.
c. Memberikan kesempatan kepada siswa yang mengalami kesulitan untuk bertanya.
d. Memberikan penjelasan ulang singkat kepada siswa yang masih mengalami kesulitan.
6. Memberikan petunjuk dan penjelasan yang terkait dengan isi pembelajaran.
a. Petunjuk dan penjelasan sesuai rencana pembelajaran.
b. Petunjuk dan penjelasan sesuai tujuan pembelajaran.
c. Petunjuk dan penjelasan sesuai materi pembelajaran.
d. Petunjuk dan penjelasan sesuai mudah dipahami dan dimengerti.
7. Menangani pertanyaan dan respon siswa.
a. Memupuk semangat dan keberanian siswa bertanya.
b. Merespon pertanyaan siswa dengan hangat dan antusias.
c. Melakukan respons pertanyaan secara merata.
d. Memberikan reward kepada peserta yang bertanya.
8. Menggunakan ekspresi lisan, tulisan, isyarat, dan gerakan badan.
a. Pembicaraan lancar.
b. Pembicaraan dapat dimengerti.
c. Materi tertulis ataupun soal evaluasi tertulis jelas.
d. Isyarat gerak badan yang digunakan tepat.
9. Membantu siswa menyadari kelebihan dan kekurangan.
a. Membantu siswa mengingat pengalaman atau pengetahuan yang telah diperoleh.
b. Mendorong siswa pasif untuk berpartisipasi.
c. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang bersifat terbuka dan memacing reaksi siswa.
d. Menanggapi secara aktif dan positif siswa yang berpartisipasi.
10. Memantapkan penguasaan materi.
a. Malakukan kesimpulan diakhir pembelajaran.
b. Melibatkan siswa dalam menyimpulkan materi pembelajaran.
c. Memberikan kesempatan kepada siswa yang mengalami kesulitan untuk bertanya.
d. Memberikan penjelasan ulang singkat kepada siswa yang masih mengalami kesulitan.
IV. Bersikap terbuka dan luwes serta membantu mengembangkan sikap positif siswa terhadap belajar.
1. Menunjukkan sikap ramah, hangat, luwes terbuka, penuh pengertian, dan sabar kepada siswa.
a. Menunjukkan sikap bersahabat dengan siswa.
b. Mengendalikan diri saat menghadapi siswa yang berlaku kurang sopan.
c. Menggunakan kata-kata sopan dalm menegur siswa.
d. Menghargai perbedaan pendapat baik antar siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru.
2. Menunjukkan kegairahan belajar.
a. Menunjukkan keantusiasan dalam mengajar.
b. Pandangan mata dan ekspresi yang bergairah dalam mengajar.
c. Penuh semangat dalam mengajar.
d. Nada suara yang menunjukkan penekanan pada bagian yang penting.
3. Mengembanggakan hubungan antar pribadi yang sehat dan serasi.
a. Memberikan perhatian dan tanggapan kepada siswa yang membutuhkan.
b. Memberikan bantuan kepada siswa yang membutuhkan.
c. Mendorong dan memotivasi siswa.
d. Menunjukkan adanya reward dan panishment.
4. Membantu siswa menyadari kelebihan dan kekurangan.
a. Menghargai setiap perbedaan individual setia siswa.
b. Memberikan perhatian kepada siswa yang mengalami penyimpangan (cacat fisik, pemalu, hiperaktif).
c. Memberikan tugas tambahan kepada sisiwa yang memiliki kelebihan dan membantu siswa yang mengalami kesulitan.
d. Menunjukkan adanya reward dan panishment.
5. Membantu siswa menumbuhkan kepercayaan diri.
a. Mendorong siswa berani mengemukakan pendapat.
b. Memberikan siswa memberikan alasan dari pendapatnya.
c. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memimpin.
d. Menunjukkan adanya reward mengemukakan pendapat.
V. Pelaksanaan evaluasi proses dan hasil belajar.
1. Melaksanakan penilaian proses.
a. Evaluasi proses sesuai dengan rencana pembelajaran.
b. Evaluasi proses sesuai dengan tujuan pembelajaran.
c. Evaluasi proses sesuai dengan materi pembelajaran.
d. Adanya refleksi dan tindak lanjut dari penilaian proses.
2. Melaksanakan penilaian Akhir.
a. Evaluasi akhir sesuai dengan rencana pembelajaran.
b. Evaluasi akhir sesuai dengan tujuan pembelajaran.
c. Evaluasi akhir sesuai dengan materi pembelajaran.
d. Adanya refleksi dan tindak lanjut dari penilaian akhir.
Keterangan Penilaian:
4 (Amat Baik) : Jika semua indikator dilaksanakan
3 (Baik) : Jika hanya tiga indikator dilaksanakan
2 (Cukup) : Jika hanya dua indikator dilaksanakan
1 (Kurang) : Jika hanya satu indikator dilaksanakan
Post a Comment for "Lembar Observasi Guru serta Deskriptor Penilaian"