Blogger news

cumanulisaja.blogspot.com

Kamis, 22 November 2012

Silabus Mapel Pengembangan Diri (PD) di SD

Hmm bagi yang bingung mau mengajar apa, pada Mata Pelajaran PD Pengembangan Diri di SD, berikut silabusnya :

PD pada dasarnya dibagi menjadi 2 yaitu :
1.      Pengembangan diri dalam bentuk kegiatan ekstra kurikuler.
2.      Pengembangan kegiatan pembiasaan sebagai salah satu proses pembentukan   karakter dan penanaman  akhlaq.

Yang secara rinci sebagai berikut :

A. PENGEMBANGAN DIRI DALAM BENTUK KEGIATAN EKSTRA KURIKULER




NO

JENIS KEGIATAN
EKSTRA
KURIKULER

BENTUK KEGIATAN
INDIKATOR


KEWIRAAN



1.
Pramuka
1.   Latihan Rutin
2.   Latihan Intensif
3.   Perkemahan
4.   Mengikuti Even Lomba
1.   Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan kepramukaan
2.   Siswa menerapkan nilai-nilai Dasa Darma Pramuka dalam perilaku kehidupan kesehariannya
3.   Mampu berprestasi dalam bidang lomba kepramukaan
2.
Pasuspera
(Pasukan Khusus Pengibar Bendera)
1.   Latihan rutin
2.   Latihan Intensif
3.   Melaksanakan Upacara Bendera pada Hari Senin dan hari besar nasional
4.   Mengikuti Even Lomba

1.   Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan Kijarpara
2.   Siswa menerapkan sikap disiplin dan keteraturan dalam perilaku kehidupan
kesehariannya
3.   Mampu menjadi petugas upacara di sekolah
4.   Mampu berprestasi dalam bidang lomba Rukibra


OLAH RAGA



3.
Drum Band
1.   Latihan Rutin
2.   Latihan Intensif
3.   Eksibisi
4.   Mengikuti Even Lomba
1.   Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan Drum Band
2.   Mampu tampil mengisi acara di sekolah maupun di luar sekolah
3.   Mampu berprestasi dalam bidang lomba Drum Band
4.
Pencak Silat
1.   Latihan Rutin
2.   Latihan Intensif
3.   Eksibisi
4.   Mengikuti Even Lomba
1.  Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan Pencak Silat
2.  Mampu tampil mengisi acara di sekolah maupun di luar sekolah
3.  Mampu berprestasi dalam bidang lomba Pencak Silat
5.
Sepak Bola
1.   Latihan Rutin
2.   Latihan Intensif
3.   Mengikuti Even Lomba
1.Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan Sepak Bola
2. Mampu berprestasi dalam Kejuaraan Sepak Bola
6.
Soft Ball – Base Ball
1.   Latihan Rutin
2.   Latihan Intensif
3.   Eksibisi (Try Out)
4.   Mengikuti Even Lomba
1.   Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan Soft Ball – Base Ball
2.   Mampu berprestasi dalam Kejuaraan Soft Ball – Base Ball
7.
Tae Kwon-do
1.   Latihan Rutin
2.   Latihan Intensif
3.   Eksibisi (Try Out)
4.   Mengikuti Even Lomba
1.   Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan Tae Kwon-do
2.   Mampu berprestasi dalam Kejuaraan Tae Kwon-do
8.
Tenis Meja
1.   Latihan Rutin
2.   Latihan Intensif
3.   Eksibisi (Try Out)
4.   Mengikuti Even Lomba
1.   Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan Tenis Meja
2.   Mampu berprestasi dalam Kejuaraan Tenis Meja


SENI



9.
Seni Karawitan
1.   Latihan Rutin
2.   Latihan Intensif
3.   Eksibisi
4.   Mengikuti Even Lomba
1.   Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan karawitan
2.   Mampu tampil mengisi acara di sekolah maupun luar sekolah
3.   Mampu berprestasi dalam bidang lomba Seni Sunda
10.
Seni Lukis
1.   Latihan Rutin
2.   Latihan Intensif
3.   Mengikuti Even Lomba
1.   Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan seni lukis
2.   Mampu berprestasi dalam bidang lomba Seni lukis
11.
Seni Tari
1.   Latihan Rutin
2.   Latihan Intensif
3.   Eksibisi
4.   Mengikuti Even Lomba
1.   Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan Seni Tari
2.   Mampu tampil mengisi acara di sekolah maupun diluar sekolah
3.   Mampu berprestasi dalam bidang lomba Seni Tari
12.
Seni Musik dan Vokal
1.   Latihan Rutin
2.   Latihan Intensif
3.   Eksibisi
4.   Mengikuti Even Lomba
1.   Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan seni musik dan vokal
2.   Mampu tampil mengisi acara di sekolah maupun diluar sekolah
3.   Mampu berprestasi dalam bidang lomba seni musik dan vocal
13.
Perkusi
(Eksibisi)
1.   Latihan Rutin
2.   Latihan Intensif
3.   Eksibisi
4.   Mengikuti Even Lomba
1.   Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan perkusi
2.   Mampu tampil mengisi acara di sekolah maupun diluar sekolah
3.   Mampu berprestasi dalam bidang lomba perkusi



ILMIAH



14.
English Club
1.   Latihan Rutin
2.   Latihan Intensif
3.   Eksibisi
4.   Mengikuti Even Lomba
1.  Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan Kelompok Belajar Bahasa Inggris
2.  Siswa mendapat wawasan keilmuan diluar pelajaran sekolah
3.  Mampu berprestasi dalam bidang Bahasa Inggris
15.
Kelompok Ilmiah Dasar (KID)
1.   Kegiatan Rutin
2.   Pengamatan dan Penelitian sederhana
3.   Studi Komparatif
4.   Mengikuti Even Lomba
1.   Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan Ilmiah dasar
2.   Siswa mendapat wawasan keilmuan diluar pelajaran sekolah
3.   Mampu berprestasi dalam bidang kegiatan ilmiah/sains

B. Pengembangan Kegiatan Pembiasaan sebagai salah satu proses pembentukan   karakter dan penanaman  akhlaq

No

JENIS KEGIATAN PEMBIASAAN

BENTUK KEGIATAN
INDIKATOR


KEGIATAN RUTIN


1.
Shalat berjamaah
a.   Melaksanakan Sholat Dzuhur dan Ashar Berjama’ah
b.   Melaksanakan Sholat Jum’at
1.   Siswa mengetahui pahala dan manfaat sholat berjama’ah
2.   Siswa terbiasa melaksanakan sholat berjama’ah
3.   Siswa terbiasa untuk selalu tepat waktu dalam mengikuti setiap kegiatan
4.   Siswa terbiasa dengan sikap keteraturan
2.
Mentari Pagi
a. Mengikuti Pengajian Pagi
·   Hapalan Surat Pendek Al-Qur’an
·   Hapalan Bacaan Sholat
·   Hapalan Do’a Harian
·   Hapalan Sifat Wajib Bagi Allah dan Rosul SAW
·   Hapalan Asmaul Husna
1.   Siswa mampu mengahapal surat-surat pendek dalam Al-Qur’an
2.   Siswa mampu menghapal bacaan sholat
3.   Siswa mampu menghapal do’a–do’a harian
4.   Siswa mampu menghapal dan memahami sifat wajib bagi Allah dan Rosul SAW
5.   Siswa mampu menghapal dan memahami asmaul husna
3.
Upacara Bendera
a.   Mengikuti Pelaksanaan Upacara
b.   Menjadi Petugas Upacara
1.   Siswa mendapatkan nilai nasionalisme dan patriotisme
2.   Siswa terbiasa dengan sikap disiplin dan keteraturan
3.    Siswa mampu menjadi petugas upacara

4.
Tadarus Al-Qur’an
a.   Mengikuti Pembacaan Al-qur’an secara rutin dan kontinyu
1.   Siswa mengetahui pahala dan manfaat membaca Al-Qur’an secara rutin dan kontinyu
2.   Siswa mendapat kecerdasan emosi dan spiritual sebagai relfeksi ilahiyah. 
5.
Pembinaan Tilawah Qur’an
a.   Mengikuti Pelatihan dan Pembinaan Tilawah Al-Qur’an secara rutin dan kontinyu
1.   Siswa mengetahui pahala dan manfaat dari tilawah Qur’an
2.   Siswa mampu membaca Al-Qur’an dengan baik, benar dan indah



KEGIATAN TERPRO-GRAM



1.
Kegiatan Keagamaan
1. Pesantren Ramadhan









2. Pelaksanaan ’Idul Qurban







1. a. Mengisi Bulan Suci Ramadlan dengan berbagai amaliah ibadah

b. Menambah wawasan keilmuan tentang keislaman
c. Melatih kediplinan siswa dalam rutinitas ibadah



2. a. Melatih diri dalam melaksanakan ajaran islam (ber Qurban)
b. Mempraktekkan  tata cara pelaksanaan qurban
c. Meningkatkan ketakwaan diri melalui proses ibadah qurban



1.   Siswa mengetahui pahala dan manfaat dari amaliyah ibadah di bulan ramadhan

2.   Siswa mampu mengisi bulan suci ramadhan dengan berbagai amaliyah ibadah
3.   Siswa terbiasa dengan kedisiplinan dalam beribadah pasca bulan ramadhan
4.   Tumbuhnya ketakwaan pada setiap individu siswa yang merupakan berkah dari kegiatan di Bulan Suci Ramadlan

1.   Siswa mengetahui tatacara pelaksanaan qurban
2.   Terbentuknya pribadi siswa yang sholeh
3.   Tumbuhnya jiwa rela berkorban dan ikhlas dalam beribadah dan beramal ibadah
2.
Kegiatan Nasionalisme dan Patriotisme
1.     Peringatan Hari Kemerdekaan RI







2.     Peringatan Hari Pahlawan




3.     Peringatan Hari Pendidikan Nasional
- Seminar Pendidikan
- Bedah Buku




1. a. Mengenang kembali jasa perjuangan dari para pahlawan
b. Menanamkan jiwa perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dalam menggapai kemerdekaan
c.  Menanamkan akan pentingnya rasa persatuan dan kesatuan dalam usaha menggapai cita-cita bersama
2. a. Mengenang pengorbanan para pahlawan dalam menggapai cita-cita perjuangan
b. Menanamkan jiwa perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dalam media pendidikan
3. a. Mengenalkan paradigma pembelajaran dalam sesuai dengan perkembangan kurikulum terbaru
   b. Merangsang peran guru dalam mempersiapkan kompetensi diri dalam upaya memenuhi tuntutan paradima pembelajaran yang terus berkembang
c. Melakuan penyadaran dan penyegaran dalam kebekuan dan kekakuan (conservative teaching) guru dalam proses pembelajaran di kelas



1.   Tumbuhnya jiwa pekerja (belajar) keras/berjuang dan rela berkorban pada diri siswa dalam menggapai sebuah cita-cita
2.   Tumbuhnya rasa persatuan dan kesatuan dalam diri siswa untuk menggapai cita-cita bersama







1.   Mendapatkan wawasan dan keilmuan dalam paradigma pendidikan modern yang lebih kompleks
2.   Mendapatkan kembali gairah mengajar para guru dengan metoda mengajar yang lebih menyenangkan yang akan berdampak pada semangat belajar anak




0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...