Blogger news

cumanulisaja.blogspot.com

Senin, 12 November 2012

Pengertian Matematika


Berikut pengertian Matematika yang pernah dibuat penulis :

Istilah Matematika  berasal dari bahasa Yunani matheinatau manthenein yang artinya mempelajari, namun kata itu erat hubungannya dengan kata Sansekerta medha atau widya  yang artinya kepandaian, ketahuan, atau intelegensi (Andi Hakim Nasution, 1980:12).
Ruseffendi (1989:23) menyatakan bahwa Matematika  itu terorganisasikan dari unsur-unsur yang tidak didefinisikan, definisi-definisi, aksioma-aksioma, dan dalil-dalil, dimana dalil-dalil setelah dibuktikan kebenarannya berlaku secara umum, karena itulah Matematika  sering disebut ilmu deduktif.
Bila menurut Tambunan (1987:29) menyatakan bahwa Matematika  adalah pengetahuan mengenai kuantiti dan ruang, salah satu cabang dari sekian banyak ilmu yang sistematis, teratur dan eksak.
Berdasarkan pendapat di atas, peneliti dapat menyimpulkan bahwa Matematika  adalah ilmu deduktif, ilmu tentang pola keteraturan, seni, bahasa, ilmu tentang struktur yang terorganisasi. Matematika  adalah ilmu yang teratur, sistematis dan eksak. Matematika  adalah ide-ide, konsep-konsep abstrak dan bersifat deduktif.

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...