Macam -macam Metode Inkuiri


a.      Macam -macam Metode Inkuiri

Metode inkuiri adalah suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis. Metode inkuiri mempunyai beberapa macam jenis antara lain inkuiri terpimpin, inkuiri bebas dan inkuiri bebas yang dimodifikasi.
Sund and Trowbridge mengemukakan tiga macam metode inkuiri sebagai berikut:
1)           Inkuiri terpimpin ( Guide inquiry ); peserta didik memperoleh pedoman sesuai dengan yang dibutuhkan. Pedoman pedoman tersebut biasanya berupa pertanyaan pertanyaan yang membimbing. Pendekatan ini terutama bagi para peserta didik yang belum berpengalaman belajar dengan metode inkuiri, dalam hal ini guru memberikan bimbingan dan pengarahan yang cukup luas. Pada tahap awal bimbingan lebih banyak diberikan, dan sedikit demi sedikit dikurangi sesuai dengan perkembangan pengalaman peserta didik. Dalam pelaksanaannya sebagian besar perencanaan dibuat oleh guru. Peserta didik tidak merumuskan permasalahan. Petunjuk yang cukup luas tentang bagaimana menyusun dan mencatat data diberikan oleh guru.
2)           Inkuiri bebas (free inquiry), pada inkuiri bebas peserta didik
melakukan penelitian sendiri bagaikan seorang ilmuan. Pada pengajaran ini peserta didik harus mengidentifikasikan dan merumuskan berbagai topik permasalahan yang hendak diselidiki. Metodenya adalah inquiry role approach yang melibatkan peserta didik dalam kelompok tertentu, setiap anggota kelompok memiliki tugasnya sendiri sendiri, misalnya koordinator kelompok, pembimbing teknis, pencatatan data dan pengevaluasi proses.
3)           Inkuiri bebas yang dimodifikasi (modifiel free Inquiry); pada inkuiri ini guru memberikan permasalahan atau problem dan kemudian peserta didik diminta untuk memecahkan permasalahan tersebut melalui pengamatan, eksplorasi, dan prosedur penelitian (Sund and Trowbridge dalam Trianto, 2007: 146).
Berdasarkan pendapat para ahli di atas maka macam macam metode inkuiri dapat disimpulkan yaitu inkuiri terpimpin yaitu pendekatan yang diberikan kepada peserta didik yang belum berpengalaman menggunakan metode inkuiri dan yang kedua metode inkuiri bebas yaitu siswa melakukan penelitian seperti ilmuan dan yang terakhir adalah metode inkuiri bebas yang dimodifikasi yaitu siswa diberi permasalahan atau topik dan kemudian siswa disuruh memecahkan masalah tersebut.


Trianto. 2007. Model Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Post a Comment for "Macam -macam Metode Inkuiri"