cumanulisaja.blogspot.com

Tuesday, 31 January 2012

Teknik Pengumpulan Data PTK


Berikut merupakan contoh teknik pengumpulan data pada skripsi penulis, dengan teknik  observasi, dokumentasi,  dan  tes

B.     Teknik Pengumpulan Data
Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data di atas meliputi observasi, kajian dokumen, dan tes yang masing-masing secara singkat diuraikan berikut ini:
1.    Observasi
Teknik ini digunakan untuk mengamati pelaksanaan dan perkembangan pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilakukan guru dan siswa pada kompetensi menulis karangan narasi. Observasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi sistematis. Menurut Suharsimi Arikunto (1996:146) dalam observasi sistematis pengamat menggunakan pedoman sebagai instrumen pengamatan. 
2.    Dokumentasi
Dokumentasi ini digunakan untuk memperoleh data dari seluruh dokumen yang ada. Suharsimi Arikunto (1996:234-235) juga menyatakan bahwa
Metode dokumentasi yang diamati bukan benda hidup tetapi benda  mati berupa catatan, buku, dan sebagainya. Data dokumentasi penelitian ini adalah foto-foto kegiatan pembelajaran, lembar kerja siswa, lembar observasi guru dan siswa.
3.    Tes
Pemberian tes ditujukan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan  dari setiap siklus. Menurut Suharsimi Arikunto (1996:138)  “Tes adalah serentetan pertanyaan atau latihan atau alat lain yang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan, inteligensi, kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok”. Bentuk tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes subjektif yang mempertimbangkan cara menyusun kerangka karangan serta pengembangan paragraf karangan dengan penerapan kaidah tulis-menulis yang benar.

1 comment :

  1. BOLEH TAU GA,, yg punya blog ini nmanya siapa???

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...